Beranda Agenda & Kegiatan Bea Cukai Pangkalan Bun Dukung Wonderful Sail to Indonesia 2018

Bea Cukai Pangkalan Bun Dukung Wonderful Sail to Indonesia 2018

29

Wonderful Sail to Indonesia 2018 merupakan program Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan John Martin, yacht rally organizer dari Selandia Baru untuk menyelenggarakan international yacht rally di perairan Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk mewujudkan misi pengembangan wisata layar nasional yakni menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata layar dunia. Wisata layar Wonderful Sail to Indonesia terdiri dari 5 reli layar dunia yakni Wonderful Sail Anambas To Natuna, Wonderful West Kalimantan Rally, Back To Down Under Rally, Wonderful Sail 2 Indonesia dan Wonderful Sail Indonesia.

Wonderful Sail 2 Indonesia (WS2I) akan berlangsung dari Juli hingga November 2018. Event yang akan diikuti 70 yacht dari lima negara ini akan singgah di 21 destinasi titik labuh di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Pelabuhan Kumai, Kotawaringin Barat. Dipilihnya Pelabuhan Kumai sebagai salah satu titik labuh karena pemerintah setempat ingin menjadikan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang merupakan konservasi orang utan terbesar di dunia sebagai Bali Baru ke-11 untuk 2019. Pada tanggal 7-10 Oktober 2018 rombongan yacht rally ini dijadwalkan untuk singgah di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Bea Cukai Pangkalan Bun turut mendukung kelancaran Wonderful Sail to Indonesia dengan memberikan pelayanan 24 jam terhadap Kapal Wisata Asing (Yacht) yang akan melakukan clearance dari  Pelabuhan Kumai melalui Vessel Declaration. Selain itu, Bea Cukai Pangkalan Bun juga memberikan infografis mengenai prosedur serta kontak yang dapat dihubungi melalui pemasangan spanduk, penyebaran leaflet di lokasi yang mudah dijangkau oleh Yachters, serta publikasi masif prosedur Vessel Declaration melalui website dan seluruh media sosial kantor. Panduan yang diberikan oleh Bea Cukai Pangkalan Bun dibuat dalam bahasa Internasional dapat diakses melalui halaman  http://bcpangkalanbun.beacukai.go.id/guidance-for-foreign-yachter-cruise/

Pelayanan yacht melalui Vessel Declaration bukan hal baru lagi bagi Bea Cukai Pangkalan Bun. Mengingat potensi wilayah Kotawaringin Barat dengan Taman Nasional Tanjung Puting-nya, setiap tahun selalu ada kapal wisata asing yang masuk, sandar, atau keluar dari Pelabuhan Kumai. Melalui Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 1914/KM.4/2018 tentang Penetapan Pelabuhan Masuk dan Pelabuhan Keluar Tempat Pelayanan Kepabeanan atas Impor Sementara Kapal Wisata Asing, Pelabuhan Kumai ditetapkan dalam daftar pelabuhan tempat pemberian pelayanan kepabeanan atas impor sementara kapal wisata asing. Bahkan Pemda setempat telah merencanakan Sail Kumai di tahun-tahun mendatang.

Dengan adanya upaya ini diharapkan peran serta Bea Cukai mampu menunjang kelancaran industri pariwisata sesuai fungsi Bea Cukai yaitu Industrial Assistance untuk #BeaCukaiMakinBaik