Beranda Agenda & Kegiatan Bea Cukai Pangkalan Bun Gencar Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Bea Cukai Pangkalan Bun Gencar Tekan Peredaran Rokok Ilegal

450

Dalam rangka pelaksanaan Program Penertiban Cukai Beresiko Tinggi (PCBT) yang telah digalakkan besar-besaran Direktorat Jenderal Bea Cukai, Bea Cukai Pangkalan Bun sedang gencar melaksanakan program kerja pemberantasan rokok ilegal, antara lain patroli darat dan operasi pasar.

Patroli darat merupakan kegiatan yang dilakukan dengan pemantauan di wilayah-wilayah kerja pengawasan, meliputi pengawasan atas jalur-jalur distribusi rokok, pemeriksaan perusahaan jasa ekspedisi, dan pemeriksaan sarana pengangkut.

Kegiatan operasi pasar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam rangka pengawasan peredaran BKC yang ada di pasaran untuk memastikan bahwa BKC yang beredar di pasaran adalah BKC yang sesuai ketentuan perundang-undangan. Dalam hal operasi pasar BKC Hasil Tembakau, beberapa hal yang menjadi attensi di antaranya :

  1. Ada tidaknya Pita Cukai
  2. Asli atau tidak Pita Cukai
  3. Pita Cukai Baru atau Bekas Pakai
  4. Kesesuaian Kode Personalisasi
  5. Kesesuaian Peruntukan

Dari kegiatan patroli darat bulan Maret dan operasi pasar yang terakhir dilaksanakan pada 20 s.d. 21 Maret 2018 di Kabupaten Sukamara, petugas Bea Cukai Pangkalan Bun berhasil menindak 6.240 batang rokok ilegal dengan modus tanpa pita cukai, menggunakan pita cukai palsu dan pita cukai bekas. Atas hasil tersebut akan terus dikembangkan untuk memberantas pemain rokok ilegal lainnya.

Fokus Bea Cukai Pangkalan Bun adalah untuk menekan peredaran rokok ilegal. Dengan patroli rutin diharapkan dapat memutus distribusi rokok agar tidak sampai masuk ke pasaran Pangkalan Bun dan sekitarnya, serta operasi pasar yang menyeluruh akan bisa membersihkan pasar dari peredaran rokok ilegal.