Beranda Agenda & Kegiatan Bea Cukai Pangkalan Bun Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Bea Cukai Pangkalan Bun Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

419

10 April 2018, pukul 08.30 WIB, bertempat di lapangan PT. Pelindo yang terletak berseberangan dengan KPPBC Tipe Madya Pabean C Pangkalan Bun, dilaksanakan kegiatan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) yang berasal dari Barang Hasil Penindakan. Barang Hasil Penindakan yang dimusnahkan adalah rokok ilegal.

Acara yang dihadiri oleh beberapa instansi pemerintahan di daerah Kotawaringin Barat ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilakukan oleh semua petugas dan undangan yang hadir.

Selanjutnya acara dibuka dengan sambutan Kepala Kantor, Nurtanti Widyasari, yang menyampaikan bahwa BMN yang dimusnahkan tersebut adalah hasil penindakan Bea Cukai Pangkalan Bun di wilayah Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara kurun waktu tahun 2015 s.d. 2017.

Barang hasil penindakan berupa rokok ilegal berbagai jenis merk dengan modus-modus pelanggaran seperti : tanpa Pita Cukai (Polos), dilekati Pita Cukai Palsu, dan dilekati Pita Cukai Bekas. Atas penindakan sebagaimana dimaksud telah ditetapkan sebagai Barang yang Dikuasai Negara (BDN) yang selanjutnya ditetapkan menjadi Barang Milik Negara (BMN). Total Barang Kena Cukai yang dimusnahkan dalam acara tersebut adalah sejumlah 309.016 batang dengan nilai barang Rp 135.108.100,00 dan potensi kerugian negara sebesar Rp 99.348.680,00.

Selanjutnya puncak acara pemusnahan ditandai dengan pembakaran rokok-rokok ilegal pada tong pembakaran oleh kepala kantor dan para tamu undangan.

Kegiatan pemusnahan yang dilakukan ini juga sejalan dengan kegiatan Operasi Gempur yang sedang digalakkan Direktorat Jenderal Bea Cukai secara nasional. Tujuannya adalah untuk menekan tingkat peredaran Barang Kena Cukai (BKC ) Ilegal, sehingga dapat memberikan situasi yang kondusif kepada peredaran BKC yang legal dan nantinya akan berdampak pada kenaikan penerimaan cukai.