Beranda Agenda & Kegiatan Bea Cukai Pangkalan Bun Putus Mata Rantai Peredaran Rokok Ilegal

Bea Cukai Pangkalan Bun Putus Mata Rantai Peredaran Rokok Ilegal

433

Bea Cukai Pangkalan Bun, dalam upayanya melakukan kegiatan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal, menerapkan metode preventif dan represif.

Metode preventif dilakukan dengan tujuan mencegah rokok ilegal jangan sampai masuk ke daerah pengawasan Bea Cukai Pangkalan Bun. Metode ini lebih bersifat persuasif untuk mengajak masyarakat agar sadar dan menolak rokok ilegal. Metode ini dilakukan dengan cara Kampanye Stop Rokok Ilegal, di mana kegiatannya berisi penyuluhan kepada masyarakat tentang rokok ilegal dan ajakan agar tidak menjual rokok ilegal.

Pada bulan Maret ini, Bea Cukai Pangkalan Bun melakukan kegiatan tentang rokok ilegal kepada masyarakat di Kabupaten Lamandau, Kalimantan tengah. Penyuluhan dilaksanakan di lokasi berjualan para pedagang di kecamatan Nangabulik, Kabupaten Lamandau. Penyuluhan dilakukan dengan cara menjelaskan kepada para pedagang dan masyarakat tentang ciri dari rokok ilegal, bahayanya, dan tindakan apa yang dilakukan bila menemukannya. Pada penyuluhan ini, masyarakat bisa langsung mempraktekkan sendiri untuk mengetahui, membedakan mana rokok ilegal dan legal dengan menggunakan beberapa sample rokok yang dibawa oleh tim penyuluh.

DSC02125edit

DSC02181edit

DSC02148edit

Selanjutnya, metode represif. Metode ini dilakukan terhadap rokok-rokok ilegal yang masuk wilayah pengawasan Bea Cukai Pangkalan Bun. Metode ini dilakukan dengan jalan kegiatan operasi pasar dan penindakan kepada masyarakat yang kedapatan menjual, mengedarkan, atau menyimpan rokok ilegal.

Bersamaan dengan itu, pada bulan Maret ini, Bea Cukai Pangkalan Bun juga berhasil melakukan penindakan terhadap rokok ilegal. Dalam Operasi Pasar yang dilakukan di Kabupaten Lamandau, petugas berhasil mengamankan 2.600 bungkus rokok yang diduga ilegal merk Cartel dan Rseven dari 2 toko. Rokok yang diamankan tersebut diduga melanggar pasal 58 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai.

IMG-20170309-WA0004

IMG-20170309-WA0003

Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan akan semakin menekan peredaran rokok ilegal di masyarakat, khususnya di wilayah pengawasan Bea Cukai Pangkalan Bun. #BravoBeaCukai