Beranda Agenda & Kegiatan Bea Cukai Pangkalan Bun Tanamkan Perencanaan Keuangan Sedari Dini untuk Masa Depan...

Bea Cukai Pangkalan Bun Tanamkan Perencanaan Keuangan Sedari Dini untuk Masa Depan yang Lebih Baik

39

Jumat, 29 Juni 2018, bertempat di Aula Kantor  Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Pangkalan Bun, dilaksanakan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP) mengenai Perencanaan Keuangan Pribadi/Keluarga.

 

Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, Nurtanti Widyasari, selaku pembicara membuka materi dengan membagikan pengalamannya ketika beliau berada dalam situasi dimana keuangan pribadinya mengalami keadaan “besar pasak daripada tiang”. Berawal dari keadaan ini, timbulah kesadaran akan pentingnya perencanaan keuangan  untuk menciptakan kondisi keuangan pribadi yang sehat. Perencanaan keuangan sangat dibutuhkan oleh setiap pegawai bea cukai, bahkan setiap orang, untuk menghadapi masa purna bakti, dimana perencanaan yang matang akan menciptakan masa tua yang cerah.

Perencanaan Keuangan sendiri adalah adalah suatu proses untuk mencapai tujuan hidup individu melalui manajemen keuangan secara terencana. Terencana dalam hal ini berarti setiap orang mampu merencanakan pengelolaan uang pribadi, baik pendapatan maupun pengeluaran dan mampu mengalokasikan sumber-sumber pendapatan yang dimiliki ke dalam sebuah produk investasi, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Pengalokasian sumber pendapatan dalam bentuk investasi sangatlah penting untuk menjaga asset yang dimiliki untuk masa depan, mengingat adanya inflasi tiap tahunnya, yang dapat memengaruhi nilai aset apabila tidak dialokasikan dengan baik. Selain itu, penting bagi setiap pegawai bea cukai untuk bijak dalam mengelola pengeluaran. Bijak dalam hal ini berarti mampu memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, sehingga pengeluaran yang terjadi teralokasi secara efektif dan efisien.

Pada akhir penyampaian materi, diadakan sesi sharing antar pegawai bea cukai, untuk bertanya maupun membagikan pengalaman pribadinya dalam mengelola keuangan pribadi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan setiap pegawai memiliki bekal yang cukup untuk mengelola keuangan pribadinya secermat mungkin sehingga tercipta kondisi keuangan pribadi / keluarga yang sehat.

Masih dalam suasana Idul Fitri 1439 H, kegiatan P2KP bulan Juni ini ditutup oleh MC, Annisa Fitriana, dengan kegiatan Halal bi Halal antar pegawai bea cukai dalam menyambut Tahun Hijriyah yang baru dengan saling memaafkan kesalahan di masa lalu untuk menciptakan lembaran baru yang lebih baik pada Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun.