Beranda Agenda & Kegiatan Bea Cukai Pangkalan Bun Ajak Masyarakat Dayak di Delang Bersama Berantas Rokok...

Bea Cukai Pangkalan Bun Ajak Masyarakat Dayak di Delang Bersama Berantas Rokok Ilegal

125

Salah satu upaya dalam pencegahan peredaran rokok ilegal adalah melalui Edukasi. Edukasi kepada masyarakat dengan harapan dapat membentuk pola pikir masyarakat yang sadar tentang rokok illegal, sehingga dapat lebih efektif menghentikan peredaran rokok ilegal.

Untuk itu, Bea Cukai Pangkalan Bun mengadakan sosialisasi rokok ilegal kepada masyarakat bertajuk “Kampanye Stop Rokok Ilegal”. Sama seperti yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya, sosialisasi ini mengambil konsep door to door, di mana sosialisasi dilaksanakan dengan turun ke masyarakat langsung yang bersentuhan langsung dengan rokok, yaitu pedagang-pedagang kelontong yang menjual rokok. Yang berbeda, kali ini target sosialisasi mengambil tempat yang lebih terpencil dari tempat-tempat yang sebelumnya pernah dilaksanakan, yaitu di Delang.

Delang merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Lamandau yang berjarak kurang lebih 225 km dari Pangkalan Bun ke arah utara. Perjalanan menuju lokasi sosialisasi membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam dengan jalur darat melalui jalur trans-kalimantan yang didominasi dengan medan yang berkelok-kelok dan naik turun bukit, dan tidak jarang berseberangan dengan jurang yang ekstrim. Delang menjadi target pelaksanaan sosialisasi dikarenakan selain tempatnya sangat jauh dari pusat kota, juga mayoritas penduduknya adalah suku asli Kalimantan, Dayak. Lokasi seperti ini biasanya menjadi target ideal pemasaran dan peredaran rokok yang illegal.

Benar adanya, berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa pedagang yang menjual rokok di daerah tersebut, memang belum mengetahui perihal apa itu rokok illegal. Bahkan beberapa di antaranya resisten dengan kehadiran tim penyuluhan. Hal seperti ini belum pernah dilakukan di tempat tersebut. Namun dengan pendekatan yang persuasif, tim penyuluh berhasil merebut simpati masyarakat untuk menerima sosialisasi tentang rokok illegal.

Penyuluhan yang diberikan adalah terkait hal-hal yang perlu dilakukan saat menerima tawaran menjual rokok dari agen/ sales rokok, yaitu:
1. Mengecek pita cukai ADA / TIDAK
2. Bila ADA, cek apakah pita cukai Asli atau PALSU
3. Bila ADA dan ASLI, cek apakah pita cukai asli tersebut BARU atau BEKAS PAKAI
4. Bila ADA pita cukai, ASLI, dan BARU, sek KESESUAIAN KODE PERSONALISASI dengan pabrik yang tercantum pada BKC
5. Cek kesesuaian peruntukkan

Selain itu masyarakat juga diajak untuk mau bekerja sama agar melaporkan ke Bea Cukai apabila menemukan rokok yang diduga illegal. Dan sebagai bentuk komitmen kepahaman tentang rokok illegal dan kesadaan untuk tidak menjual rokok ilegal, disematkan stiker “Stop Rokok Ilegal” pada setiap toko serta diberikan souvenir untuk para pedagang.