Beranda Agenda & Kegiatan Customs Visit Customer, Bea Cukai Pangkalan Bun Kunjungi PT. Citra Borneo Utama

Customs Visit Customer, Bea Cukai Pangkalan Bun Kunjungi PT. Citra Borneo Utama

24

Kamis, 9 Agustus 2018, Bea Cukai Pangkalan Bun melakukan kegiatan Customs Visit Customer ke PT. Citra Borneo Utama (PT.CBU) yang merupakan  Kawasan Berikat pertama di Kabupaten Kotawaringin Barat. Berlokasi di Kawasan Industri di daerah Pelabuhan Tempenek, Kumai Hulu, Kotawaringin Barat, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk asistensi untuk  menjamin kelancaran kegiatan operasional Kawasan Berikat serta pengawasan dan pelayanan kepabeanan di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan ini Kepala KPPBC TMP C Pangkalan Bun (Nurtanti Widyasari ) ditemani Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (Rini Setiyowati), Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan  (Fitriyanto Brotowasana), serta Pelaksana Pemeriksa Hanggar Pabean dan Cukai (Muhammad Fahrurrizal), mengawali kegiatan ini dengan me-review/meninjau mengenai pelaksanaan kewajiban yang dilakukan PT.CBU sebagai penerima fasilitas Kawasan Berikat.Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan agenda diskusi antara Bea Cukai Pangkalan Bun dengan jajaran pimpinan PT.CBU terkait kemungkinan permasalahan yang mungkin terjadi dalam kegiatan operasional Kawasan Berikat, baik dalam hal administrasi maupun permasalahan-permasalahan lainnya di lapangan. Dengan adanya diskusi ini, diharapkan segala peraturan dan ketentuan yang ada dapat terlaksana dengan baik melalui koordinasi dan kerjasama yang terjalin apik antara Bea Cukai Pangkalan Bun dan PT.CBU.

Sebagai penutup, Nurtanti Widyasari menekankan bahwa kehadiran Bea Cukai Pangkalan Bun sebagai partner dan fasilitator PT.CBU, dapat turut serta mendorong produksi dan meningkatkan angka ekspor melalui fasilitas-fasilitas yang ada dengan tetap memperhatikan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Dengan adanya fasilitas kawasan berikat ini, diharapkan dapat memberi dampak positif, mendorong investasi, dan turut menyumbang penerimaan di wilayah Kotawaringin Barat.

Kegiatan ini diapresiasi baik oleh perusahaan karena melalui kesempatan ini perusahaan dapat mengutarakan permasalahan yang dialami sekaligus mendapatkan solusi melalui diskusi yang ada, serta dapat menjalin komunikasi yang baik dengan Bea Cukai selaku partner bisnis. Kedepannya perusahaan berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin agar koordinasi dan kerjasama dapat terlaksana dengan baik.