Beranda Agenda & Kegiatan Hari Pabean Internasional ke-67 Angkat Tema SMART Customs

Hari Pabean Internasional ke-67 Angkat Tema SMART Customs

49

Pangkalan Bun (29/01/2019) Bea Cukai Pangkalan Bun melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pabean Internasional (HPI) ke-67. Upacara ini dilaksanakan di lapangan Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun yang diikuti seluruh pegawai. Pelaksana harian (Plh.) Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, Kadiyat, menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kepabeanan Internasional ke-67.

Upacara dimulai pukul 07.30 WIB. Dalam kesempatan ini inspektur upacara membacakan amanat Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi. Dalam amanat tersebut, Direktur Jenderal Bea dan Cukai menyampaikan prestasi-prestasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) selama tahun 2018. Selanjutnya beliau berpesan untuk tidak berpuas diri atas prestasi tersebut, melainkan senantiasa memperbaiki, memperkuat, dan meningkatkan hal-hal di bidang integritas dan kelembagaan,pengawasan, pelayanan dan fasilitasi, serta di bidang penerimaan. Beliau menambahkan, bahwa instansi Bea Cukai di seluruh Indonesia agar dapat mengidentifikasi karekteristik dan potensi wilayah kerjanya, sehingga program DJBC tersinergi baik sesuai dengan karakteristik daerah dan arah program kerja pemerintah.

Mengusung tema “SMART Borders for seamless Trade, Travel and Transport”, HPI kali ini memberi pesan untuk menjadi SMART customs, yang mengimplementasi dan mengembangkan teknologi informasi kedalam manajemen administrasi, pelayanan, fasilitasi, prosedur pelayanan dan pengawasan dengan aman (Secure), terukur (Measurable), otomasi (Automated), berbasis manajemen resiko (Risk-management based) dan menggunakan teknologi (Technology driven) dalam perdagangan dan perjalanan serta arus barang, orang, dan alat transportasi lintas batas.

Di akhir amanat, beliau menambahkan bahwa SMART customs merupakan salah satu jawaban berbagai target dengan perubahan yang terus menerus untuk mewujudkan visi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, yaitu menjadi institusi terkemuka di dunia.