Beranda Agenda & Kegiatan Kerja Cerdas, Berintegritas, Menuju Lepas Landas untuk Bea Cukai Makin Baik

Kerja Cerdas, Berintegritas, Menuju Lepas Landas untuk Bea Cukai Makin Baik

78

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri. Pun demikian dengan suatu organisasi, yang perlu melihat kembali sejarah dan perjalanan di masa lalu sebagai sarana untuk perenungan, rasa syukur, instropeksi dan juga merumuskan strategi yang lebih baik untuk masa mendatang.

Kamis, 4 Oktober 2018 bertempat di halaman KPPBC TMP C Pangkalan Bun, dilaksanakan upacara untuk memperingati 72 Tahun Organisasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) berbakti untuk negeri tercinta, NKRI. Upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala KPPBC TMP C Pangkalan Bun ini diikuti secara khidmat oleh seluruh pejabat & pegawai dari Bea Cukai Pangkalan Bun serta beberapa pegawai dari Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan.

Upacara ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh petugas dan peserta upacara, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sikap Dasar Pegawai DJBC dan Deklarasi Juang sebagai sarana untuk mematri nilai historis organisasi DJBC dan standar perilaku yang harus dimiliki setiap pegawai DJBC di dalam hatinya.

Sebelum amanat disampaikan, dilakukan hening cipta dengan menundukkan kepala sejenak atas musibah yang terjadi di Palu, Donggala, Lombok, serta daerah yang tertimpa musibah lainnya. Harapannya semoga pegawai dan keluarga pegawai Kementerian Keuangan yang bertugas di sana, beserta seluruh masyarakatnya diberikan ketabahan, dan selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Kepala KPPBC TMP C Pangkalan Bun, Nurtanti Widyasari dalam amanatnya menjelaskan sejarah panjang DJBC yang dimulai dari 1 Oktober 1946, 72 tahun yang lalu terbentuk lah suatu organisasi yang diberi nama “Pejabatan Bea dan Cukai”. Pada tahun 1948, nama organisasi tersebut berubah menjadi “Jawatan Bea dan Cukai”, yang kemudian saat ini dikenal dengan nama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Perkembangan dan perubahan merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari oleh setiap organisasi untuk senantiasa bertahan mengikuti perkembangan zaman. Bea Cukai pun demikian, yang telah mengalami pasang surut dalam perjalanannya.

Perjalanan panjang transformasi organisasi telah membawa Bea Cukai saat ini pada pintu gerbang sebuah era, yaitu era lepas landas tahun 2019 menuju Bea Cukai modern, dimulai dengan program reformasi birokrasi tahun 1995 dan dilanjutkan dengan penguatan reformasi pada tahun 2016. Dikatakan sebagai era lepas landas karena Bea Cukai mendapat momentum untuk benar-benar terlepas dari kesan negatif yang ada di masa lalu dan momentum untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat akan kredibilitas institusi Bea Cukai.


Tak lupa pula disampaikan amanat dari Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani yang mengapresiasi terobosan-terobosan dan hasil yang diraih bea cukai sejauh ini. Penertiban impor, ekspor dan cukai berisiko tinggi (PICE BT), program sinergi dengan pajak, serta program-program lain dalam rangka pembenahan di sektor fasilitasi, pengawasan dan pelayanan yang telah turut membuat Institusi Bea dan Cukai menjadi lebih kredibel dan terpercaya di mata masyarakat.

Dalam 72 tahun pengabdian ini, tentu tantangan yang dihadapi bea cukai tidak lebih mudah. E-commerce, digitalisasi ekonomi, keterbukaan informasi, dan sebagainya perlu diantisipasi dengan baik. Kerja keras dan kerja cerdas merupakan prasyarat untuk menjawab setiap tantangan yang ada. Di samping itu, kerja bersama juga tidak kalah penting, sebab dengan bersama segala pekerjaan akan terasa jauh lebih mudah dan cepat. Tidak ada lagi yang akan merasa bahwa bekerja adalah beban, melainkan pengabdian kepada negara demi kesejahteraan rakyat Indonesia tercinta. integritas tinggi juga tetap harus ditanamkan disetiap hati pegawai DJBC. Tidaklah dikatakan baik apabila seseorang telah bekerja keras dan cerdas namun belum menomorsatukan integritas dalam dirinya. Integritas adalah pegangan untuk dapat melakukan hal sekecil apapun dalam hidup ini.


Terus menjaga komitmen tinggi, bekerja cerdas dan berintegritas demi mewujudkan Bea Cukai makin baik, Kementerian Keuangan makin baik, dan bangsa Indonesia yang makin baik, menjadi amanat penutup dalam upacara peringatan hari bea cukai ini. Harapannya melalui momentum ini dapat menambah rasa cinta kepada negara dan organisasi tercinta. Dirgahayu 72 Tahun Bea Cukai, “Kerja Cerdas, Berintegritas, Menuju Lepas Landas”.