Beranda Agenda & Kegiatan Membangun Komitmen dan Disiplin Pegawai Melalui Apel Rutin Bulanan

Membangun Komitmen dan Disiplin Pegawai Melalui Apel Rutin Bulanan

41

Komitmen dan Disiplin Pegawai merupakan dua hal yang berperan penting dalam kesuksesan sebuah organisasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ko·mit·men berarti perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu. Komitmen yang kuat akan mendororong rasa percaya diri dan semangat kerja dalam menjalankan tugas  menuju perubahan ke arah yang lebih baik.

Rabu, 5 September 2018 melalui apel rutin yang dipimpin oleh Kadiyat, Kepala Subbagian Umum Bea Cukai Pangkalan Bun, mengamanatkan kepada setiap pegawai untuk memegang teguh komitmen yang telah dimiliki. Adapun terutama  yang harus menjadi komitmen setiap pegawai yaitu  Integritas yang dimiliki. Diharapkan setiap pegawai memiliki komitmen untuk menegakan integritas di setiap bidang pekerjaan yang dilakukan, dapat mengerjakan segala tugas dan mampu melayani dengan konsisten, jujur, berani, dan tekun untuk meningkatkan kinerja organisasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) ke arah yang semakin baik tiap waktunya.

 

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan hal lainnya yang harus menjadi komitmen untuk dipegang teguh setiap pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun sebagai ASN. Netralitas ini artinya, setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun di bidang politik. Netralitas tersebut diwujudkan dalam sikap di dunia nyata maupun dunia maya pada khususnya, setiap pegawai harus mampu bersikap bijak dalam bersosial media untuk tidak turut berpolitik mengkampanyekan pihak tertentu maupun ikut menyebarkan berita hoax yang bersifat  Kampanye Hitam (Black Campaign).

Sebagai penutup, beliau berpesan kepada seluruh pegawai untuk terus bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan, tetap menjaga kesehatan baik fisik maupun rohani dengan selalu berpikir positif, dan juga ucapan terima kasih atas kerja keras pegawai dalam melakukan tugasnya dengan maksimal.

Dengan dibangunnya komitmen bagi setiap pegawai dalam apel ini, diharapkan setiap pegawai mampu memegang teguh apa yang menjadi komitmennya. Selain itu dengan adanya apel rutin bulanan ini, diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai dalam bekerja untuk bea cukai yang makin baik.