Beranda Agenda & Kegiatan Membina Keterampilan Pegawai Melalui Manajemen Risiko

Membina Keterampilan Pegawai Melalui Manajemen Risiko

67

Selasa, 7 Agustus 2018 bertempat di Aula KPPBC TMP C Pangkalan Bun, diselenggarakan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP) mengenai Manajemen Risiko oleh Kadiyat selaku Kepala Subbagian Umum KPPBC TMP C Pangkalan Bun. P2KP ini dikemas dalam bentuk presentasi, diskusi, dan tanya jawab.

Acara diawali oleh pembukaan dari Kepala KPPBC TMP C Pangkalan Bun, Nurtanti Widyasari, yang memaparkan pentingnya manajemen risiko tidak hanya dalam organisasi, namun juga kehidupan sehari-hari. Dalam bahasa yang sederhana, Nurtanti menjelaskan bahwa manajemen risiko adalah kegiatan/aktivitas untuk mencapai tujuan dengan menghindari hambatan-hambatan dalam prosesnya. Nurtanti juga mencontohkan kawasan berikat, yang baru dimiliki oleh KPPBC TMP C Pangkalan Bun, sebagai salah satu penerapan pentingnya manajemen risiko.

Menurut PMK Nomor 171/PMK.01/2016 tentang Manajemen Risiko di Lingkungan Kementerian Keuangan, risiko adalah kemungkinan terjadinya suatu peristiwa yang berdampak negatif terhadap pencapaian sasaran organisasi. Manajemen Risiko adalah budaya, proses, dan struktur yang diarahkan untuk memberikan keyakinan yang memadai dalam pencapaian sasaran organisasi dengan mengelola Risiko pada tingkat yang dapat diterima. Dalam proses identifikasi, risiko perlu diuraikan secara jelas dan tidak menimbulkan kerancuan pengertian, sehingga diperoleh pemahaman yang sama dan dapat ditangani secara lebih benar dan akurat. Identifikasi risiko dapat dirumuskan sebagai berikut:

“karena terjadi sesuatu , maka akan terjadi peristiwa , sehingga mengakibatkan .”

Contoh: Karena kurangnya kompetensi pejabat peneliti dokumen, maka terjadi kesalahan penetapan klasifikasi, sehingga mengakibatkan penerimaan di bidang kepabeanan dan cukai tidak tercapai.


Proses identifikasi risiko berjalan dengan interaktif serta mendapat partisipasi aktif dari pegawai KPPBC TMP C Pangkalan Bun. Dengan adanya P2KP mengenai Manajemen Risiko ini, diharapkan Pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun mampu menerapkan manejemen risiko dalam organisasi maupun kegiatan sehari-hari untuk mencapai tujuan #BeaCukaiMakinBaik