Beranda Agenda & Kegiatan Peningkatan Kompetensi & Keterampilan Pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun

Peningkatan Kompetensi & Keterampilan Pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun

492

Dalam kesehariannya, selain melaksanakan kegiatan terkait pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai, Bea Cukai Pangkalan Bun juga menyelenggarakan berbagai kegiatan bagi pegawai yang dapat mendukung kinerja ataupun keterampilan pegawai tersebut. Beberapa kegiatan yang baru-baru ini diselenggarakan yaitu Gerakan Sadar IKU dan Customs English Community (CEC).

Gerakan Sadar IKU adalah adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Direktorat Kepatuhan Internal, di mana bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kinerja organisasi dan individu ke tingkat yang lebih baik. Di KPPBC Tipe Madya Pabean C Pangkalan Bun, gerakan Sadar IKU dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan seperti sosialisasi terkait IKU, assistensi dan pembuatan laporan IKU bersama, dan penempatan beberapa atribut terkait IKU di tempat kerja pegawai. Dengan pelaksanaan program ini secara kontinyu dapat menumbuhkan kesadaran pegawai terhadap IKU masing-masing, sehingga pada akhirnya dapat mendukung meningkatkan kinerja individu dan organisasi.

posting 3h

Selanjutnya,  ada Customs English Community (CEC). Customs English Community (CEC) adalah sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman pegawai terhadap bahasa internasional, khususnya Bahasa Inggris, mengingat dalam pelaksanaan pekerjaan sebagai Bea Cukai akan sering berhubungan dengan bahasa tersebut. Program CEC di KPPBC Pangkalan Bun ini diselenggarakan melalui kegiatan English Class bagi pegawai secara rutin tiap minggunya.

posting 9

Dengan adanya beberapa program tersebut diharapkan, selain hanya melaksanakan rutinitas pekerjaan sebagai Bea Cukai di kantor, para pegawai juga mendapat manfaat dengan peningkatan kompetensi dan kemampuan di bidang lain di luar teknis kepabeanan dan cukai yang secara tidak langsung akan mendukung kinerja pegawai tersebut untuk Bea Cukai Makin Baik.