Beranda Artikel Pentingnya Koordinasi Dalam Membangun Sinergi

Pentingnya Koordinasi Dalam Membangun Sinergi

170

Akhir tahun 2017 lalu, Bea Cukai Pangkalan Bun memulai kehidupan baru sebagai Kantor Tipe Madya Pabean C. Di mana dengan tipe kantor yang baru ini, Bea Cukai Pangkalan Bun dituntut untuk lebih baik lagi dalam hal kegiatan pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai. Salah satu dalam upanya mempersiapkan hal tersebut, KPPBC Tipe Madya Pabean C Pangkalan Bun melaksanakan koordinasi dengan berbagai pihak yang nantinya akan berhubungan langsung dalam pelaksaan tugas. Kegiatan koordinasi tersebut ditujukan untuk membangun sinergi dengan berbagai pihak, sehingga akan mempermudah dalam pelaksanaan tugas demi mencapai target organisasi secara keseluruhan.

Beberapa koordinasi yang telah dilakukan antara lain dengan membangun koordinasi dengan Kantor Wilayah baru yaitu Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya sewaktu berstatus sebagai kantor tipe pratama, Bea Cukai Pangkalan Bun berada di bawah naungan Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan. Namun, setelah diberlakukannya PKM 188 Tahun 2016, Bea Cukai Pangkalan Bun tergabung di Kantor Wilayah bentukan baru yaitu Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan. Pada awal mulainya, Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun sudah menjalin koordinasi dengan kegiatan kunjungan dari Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Selatan. Dalam kunjungannya tersebut, Kepala Kantor Wilayah bersama kantor Pelayanan membangun komitmen kerja sama untuk saling mendukung dan berkoordinasi dalam pencapaian target kinerja, baik target kantor pelayanan maupun kantor wilayah secara keseluruhan.

Selain menggandeng dari intern DJBC, Bea Cukai Pangkalan Bun juga turut aktif koordinasi di  dalam organisasi lingkungan Kementerian Keuangan di Pangkalan Bun, dengan turut meramaikan berbagai kegiatan, seperti yang baru dilaksanakan awal tahun ini, acara penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antar instansi vertikal yang meliputi wilayah Kalimantan Bagian Selatan dan Kalimantan Tengah di Kementerian Keuangan. Kota Pangkalan Bun berkesempatan menjadi tuan rumah atas pelaksanaan acara tersebut. Bea Cukai, bersama KPP, KPKNL, dan KPPN bekerja sama, berkoordinasi dalam menyukseskan pelaksanaan gelaran akbar tersebut.

Selanjutnya, Bea Cukai Pangkalan Bun juga membangun koordinasi dengan pihak ekstern di luar lingkungan Kementerian Keuangan, baik dengan pengguna jasa, maupun dengan beberapa isntansi pemerintah dan BUMN di daerah yaitu dengan mengadakan berbagai acara seperti coffee morning dengan pengguna jasa dan beberapa instansi pemerintah di Pangkalan Bun, juga beberapa kunjungan kerja Visit To Customers kepada pengguna jasa.

Pentingnya Koordinasi Dalam Membangun Sinergi, dengan terjalinnya koordinasi yang baik antar seluruh lini, maka diharapkan langkah pihak-pihak yang berkaitan dengan Bea Cukai akan dapat berjalan sinergi dengan visi dan misi Bea Cukai Pangkalan Bun.