Beranda Agenda & Kegiatan Peringatan Hari Uang ke-70 di Pangkalan Bun

Peringatan Hari Uang ke-70 di Pangkalan Bun

618

Dalam rangka memperingati hari uang republik indonesia ke-70, seluruh jajaran instansi Kemenkeu meliputi Bea Cukai, Pajak, KPPN dan KPKNL wilayah Pangkalan Bun merayakannya dengan berbagai kegiatan :
1. Pertandingan Olah Raga
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, acara diperingati dengan kegiatan pertandingan olah raga. Pada tahun 2016 ini, Kemenkeu wilayah Pangkalan Bun mempertandingkan 3 cabang olah raga, yaitu voli, gaple, dan tenis meja.

pertandingan1 pertandingan2 pertandingan3

2. Kemenkeu Mengajar
Ini adalah salah satu kegiatan baru selama peringatan Hari Uang. Konsep acara Kemenkeu Mengajar ini adalah pegawai Kemenkeu melakukan kegiatan mengajar di ruangan kelas layaknya guru yang mengajar kepada murid-muridnya. Karena tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan Kementerian Keuangan kepada anak-anak mulai sejak dini, maka obyek dari kegiatan ini adalah Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan hasil pertimbangan bersama, di wilayah Pangkalan Bun, kegiatan ini dilaksanakan di SD Tanjung Putri yang terletak di Dusun Pendulangan, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.
Kegiatan pagi itu tanggal 27 Oktober 2016, diawali dengan penampilan dari perwakilan Bea Cukai, Pajak, KPPN dan KPKNL bersama-sama tampil di depan kelas memperkenalkan instansi masing-masing secara umum dengan konsep materi yang ringan kepada para siswa. Selanjutnya dilanjutkan dengan acara makan snack dan games-games. Jam pelajaran terakhir hari itu diisi dengan kegiatan pemutaran video tentang Bea Cukai.

mengajar1 mengajar2 mengajar3 mengajar4

Antusiasme terhadap pelaksanaan Kemenkeu Mengajar sangat tampak ketika kegiatan mengisi pohon cita-cita yang telah dibuat panitia, ada beberapa anak yang bercita-cita menjadi Bea Cukai, dengan alasan yang polos layaknya anak-anak yakni karena ingin terlihat gagah dan pemberani. Pada akhir acara ini dilakukan penyerahan souvenir dan piagam secara simbolis oleh Kepala KPP Pratama Pangkalan Bun dan Kepala Sekolah SD Tanjung Putri.
3. Kegiatan Senam dan Jalan Sehat Bersama
Pada hari Minggu, tanggal 30 Oktober 2016 bertempat di KPP Pratama Pangkalan Bun, peringatan Hari Uang diisi dengan kegiatan senam dan jalan sehat bersama. Selain dari instansi dalam lingkup Kementerian Keuangan, pada acara ini juga turut serta diundang dari Kantor Pos dan beberapa Bank di Pangkalan Bun. Pada akhir acara diisi dengan pembagian hadiah kepada pemenang lomba dan pembagian doorprize.

senam1 senam2 senam3 senam4

4. Upacara Peringatan Hari Uang dan hari Sumpah Pemuda
Sebagai acara puncak, pada hari Senin, tanggal 31 Oktober 2016, pukul 07.30 WIB diadakan upacara peringatan hari uang republik indonesia yang ke 70 dan hari Sumpah Pemuda yang bertempat di halaman KPP Pratama Pangkalan Bun. Dalam upacara tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan Satyalencana Karyasatya 30 tahun, 20 Tahun, dan 10 Tahun kepada pegawai Kementerian Keuangan di wilayah Pangkalan Bun.

upacara1 upacara2 upacara3 upacara4