Beranda Artikel Terima Kasih 2018

Terima Kasih 2018

60

365 hari yang begitu luar biasa telah kami lalui. Ibarat sebuah rasa, “nano-nano” mengelaborasikan hal yang kami rasakan satu tahun yang telah lalu, yup… rame rasanya.                  Menyongsong tahun 2019 yang penuh pengharapan, tentu kami berharap hal-hal manis saja yang dapat terulang di tahun ini dan biarlah rasa lainnya tersimpan dalam ruang waktu dan ingatan kami sebagai bahan instropeksi untuk menghadapi tahun ini.

Kilas balik di tahun 2018, salah satu hal manis yang kami rasakan yaitu keberhasilan Bea Cukai Pangkalan Bun dalam memenuhi target penerimaan bahkan mengalami surplus hingga 22,68% dari total target yang diberikan. Hasil ini menggambarkan terpenuhinya fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) pada Bea Cukai Pangkalan Bun sebagai Revenue Collector dalam menghimpun penerimaan negara. Semua ini tentu berkat kerja keras seluruh rekan-rekan pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun untuk negara tercinta, Indonesia. Tak lupa pula peran besar dari seluruh pengguna jasa Bea Cukai Pangkalan Bun atas kepatuhan dan dedikasinya dalam menyumbang penerimaan melalui pembayaran Bea Masuk, Bea Keluar, maupun Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI). Dari target penerimaan yang diberikan sebesar Rp55.299.010.000, realisasi penerimaan yang berhasil kami himpun sebesar Rp67.839.101.000 yang terdiri dari bea masuk Rp14.767.421.000, bea keluar Rp53.070.048.000, dan cukai sebesar Rp1.632.000, menandakan realisasi penerimaan Bea Cukai Pangkalan Bun menembus angka 122,68%.

Begitupula dengan fungsi DJBC lainnya yang berhasil kami jalankan sebagai Community Protector, pada Bulan April 2018 kami berhasil menindak lebih dari 1.5 juta batang rokok ilegal yang diselundupkan dalam koli yang bertuliskan kerupuk singkong. Total potensi kerugian negara di bidang cukai yang berhasil terselamatkan sebesar Rp1.108.684.000. Tak hanya itu, kami juga melakukan pemusnahan terhadap rokok ilegal hasil dari penindakan BC Pangkalan Bun kurun waktu tahun 2015 s.d tahun 2017 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp99.348.680.

Tidak ketinggalan pula Reformasi Bea Cukai  yang terus kami kobarkan untuk meningkatkan kepercayaan publik serta menjadikan Bea Cukai sebagai institusi yang akuntabel dan kredibel. Dalam hal pelayanan, kami selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pengguna jasa. Dalam hasil Survei Kepuasan Pengguna Jasa DJBC 2018, kami mendapatkan indeks akhir 4,54 dari indeks maksimal 5 yang menunjukan idikator “Sangat Puas”. Tentu hasil ini bukan sebagai ajang berpuas diri, namun sebagai pelecut kami untuk terus memperbaiki diri.

Sebagai Trade Facilitator kami mendorong para pelaku industri dalam negeri untuk dapat bersaing di kancah internasional. Adalah PT. Citra Borneo Utama yang mendapatkan fasilitas Kawasan Berikat pertama di Pangkalan Bun yang diharapkan dapat memaksimalkan fasilitas yang diberikan dengan benar untuk mendorong produksi dan ekspor.

Untuk dapat memaksimalkan pencapaian kinerja dan membangun negara tercinta, sebagai bangsa yang terkenal akan gotong royongnya tentu kami harus saling bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.  Salah satu sinergi yang kami lakukan melalui kegiatan joint program antara KPPBC TMP C Pangkalan Bun dan KPP Pratama Pangkalan Bun dalam rangka mensinkronkan upaya pemungutan keuangan negara di sektor pajak, untuk meminimalisir adanya pajak yang tidak terbayar.

Pun dengan upaya pemberantasan rokok ilegal, bersama-sama dengan Disperindag Pangkalan Bun, kami mensosialisasikan seputar bahaya rokok ilegal kepada pedagang rokok dan masyarakat di 8 Desa pada Kabupaten Kotawaringin Barat.

Berbagai macam pencapaian yang berhasil kami raih di tahun 2018 adalah buah yang kami petik dari usaha yang kami tanam secara konsisten selama 1 tahun lamanya. Besar harapan kami agar dapat mempertahakan segala hal manis yang telah kami raih serta terus meningkatkannya di tahun 2019 ini dan tahun-tahun mendatang. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang berkontribusi dalam membantu Bea Cukai Pangkalan Bun dalam meraih berbagai capaian manis di tahun 2018. Terima kasih rekan-rekan pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun, terima kasih pengguna jasa dan seluruh stakeholder Bea Cukai Pangkalan Bun, terima kasih rekan-rekan media. Terimakasih 2018.