Bahas Current Issues, Bea Cukai Pangbun Adakan Sosialisasi Bertajuk Malam Apresiasi

Bahas Current Issues, Bea Cukai Pangbun Adakan Sosialisasi Bertajuk Malam Apresiasi

Pangkalan Bun (25 April 2019) – Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun Nurtanti Widyasari, menyampaikan current issues kepabeanan dan cukai seputar ketentuan ekspor kelapa sawit, crude palm oil (CPO), dan produk turunannya serta sistem kepatuhan pengguna jasa kepabeanan dan cukai.

“Dalam rangka menurunkan defisit neraca perdagangan tahun 2018, pemerintah berupaya untuk terus meningkatkan ekspor dengan cara melakukan simplifikasi proses ekspor yang saat ini jangka pendek adalah untuk ekspor kelapa sawit, CPO, dan produk turunannya yang diatur dalam peraturan Menteri Keuangan nomor 22 tahun 2019,” jelas Nurtanti dalam acara Malam Apresiasi (24/4) bertajuk Smart Customs Smart Society yang dihadiri oleh Importir, Eksportir, Agen Pengangkut, Perusahaan Pengurus Jasa Kepabeanan (PPJK), serta instansi Kementerian Keuangan dan Pemerintah Daerah di wilayah Pangkalan Bun.

“Untuk eksportir kebetulan di Bea Cukai Pangkalan Bun, eksportir CPO dan turunannya hanya ada dalam bentuk curah, sedangkan dalam bentuk kemasan saat ini belum ada. Jadi yang akan saya sampaikan adalah untuk eksportir CPO dan turunannya dalam bentuk curah. Simplifikasi yang dimaksud adalah eksportir untuk CPO dan turunannya hanya mengajukan permohonan untuk pemeriksaan fisik untuk pemuatan ekspor kepada bea cukai secara online, dan nantinya untuk pengajuan PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) pun berdasarkan laporan hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan bea cukai. Sedangkan petugas bea cukai sendiri melakukan pemeriksaan fisik terhadap barang ekspor curah dan juga melakukan penentuan jenis barang dari CPO dan turunannya dan menetapkan jumlah dari  CPO yang diekspor,”

“Adapun simplifikasi disini adalah penyederhanaan proses bisnis yang sebelumnya ada beberapa pihak yang terlibat dalam hal ekspor CPO dan turunannya, saat ini hanya dilakukan Bea Cukai. Sehingga untuk pemeriksaan fisik dan penentuan jumlah hanya dilakukan pihak bea cukai yang diharapkan disini ada efisiensi waktu dan biaya,”  tambah Nurtanti.

  Adapun currents issues lainnya yaitu sistem kepatuhan pengguna jasa kepabeanan dan cukai sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-31/BC/2018 yang dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya dinamika proses bisnis kepabeanan dan cukai juga semakin tingginya peran IT (Informasi dan Teknologi), sehingga tuntutan atas kecepatan pelayanan dan efektifitas pengawasan juga semakin berpotensi memberikan dampak yang sangat besar terhadap risiko yang akan dihadapi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sehingga perlu mitigasi risiko. Dalam rangka efisiensi dan efektifitas mitigasi risiko tersebut, DJBC harus memiliki sistem yang mampu untuk meningkatkan kepatuhan pengguna jasa yang diwujudkan melalui pemberian pelayanan kawasan yang adil dan tepat sasaran yang disebut dengan Smart Customs and Excise yang menjadi inspirasi tema dalam acara ini.

  Mengusung tema Smart Customs Smart Society, Malam Apresiasi Pengguna Jasa bertajuk Bea Cukai Pangkalan Bun Awards 2019 ini diselenggarakan dalam rangka memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah berkontribusi atas capaian target kinerja Bea Cukai Pangkalan Bun tahun 2018 serta untuk membangun silahturahmi, koordinasi, dan kerjasama terhadap pengguna jasa dan instansi yang ada di wilayah Pangkalan Bun.

   Adapun realisasi target penerimaan Bea Cukai Pangkalan Bun sebesar 122,68 % dengan rincian bea masuk sebesar 122,28 %, bea keluar sebesar 122,78 % dengan total penerimaan sebesar Rp.67,8 Milyar. Pun dengan indeks kepuasan pengguna jasa kami mendapatkan indek 4.54 dalam skala 5 dengan kategori sangat puas.

 

  Mengusung konsep vintage dalam acara, hadirin diajak kembali merasakan nuansa “jadul” melalui dekorasi serta penampilan para performance yang semakin menambah kemeriahan. Acara yang diselenggarakan secara santai dengan penuh hiburan dan games, berhasil membius para hadirin dalam atmosfer acara.

“ BC Pangkalan Bun Awards 2019 beda, mantul, sukses Bu Tanti dan tim,”

“ Acaranya begitu sangat bagus dan menarik. Semoga tahun depan di kemas seperti ini lagi, Bc Pangkalan Bun makin mantap,”

“ Acara yang keren dan inspiratif,”

“ Bea Cukai Pangkalan Bun Teruslah Berprestasi Membangun Negeri”

“Thanks so much BC Pangkalan Bun, semakin maju semakin jaya bravo BC Pangkalan Bun you are awesome” tulis para hadirin atas kesan dan pesan pada akhir acara di tempat yang telah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *