Bea Cukai Pangkalan Bun  Berantas Rokok Ilegal

Bea Cukai Pangkalan Bun Berantas Rokok Ilegal

Jumat (9/10) Bea Cukai Pangkalan Bun melaksanakan kegiatan rutin dalam rangka pemberatasan peredaran rokok ilegal yaitu kegiatan gempur rokok ilegal. kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pedagang rokok di wilayah pengawasan Bea Cukai Pangkalan Bun.

Kegiatan ini berlangsung setiap bulannya dengan tempat sosialisasi yang berbeda-beda dikarenakan wilayah pengawasan Bea Cukai Pangkalan Bun sendiri cukup luas, wilayah pengawasan Bea Cukai Pangkalan Bun terdiri dari tiga kabupaten yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara. Namun untuk sosialisasi gempur kali ini dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Barat tepatnya di dua kecamatan berbeda yaitu Kecamatan Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng.

Dalam kegiatan ini,unit penyuluhan dan layanan informasi (PLI) turun langsung melakukan sosialisasi kepada pegadang rokok dengan sistem door to door. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar pedagang rokok dapat membedakan ciri-ciri rokok legal dan ilegal. Adapun ciri-ciri rokok ilegal yaitu rokok tanpa pita cukai, rokok yang dilekati pita cukai palsu, rokok yang dilekati pita cukai bekas, serta rokok dilekati pita cukai yang tidak sesuai peruntukan. tak hanya itu unit PLI juga menyampaikan bahwa rokok yang dilekati pita cukai berarti perusahaan tersebut telah ikut andil dalam pembayaran pajak khususnya cukai untuk pembangunan negara ini.

Selain melakukan sosialisasi Bea Cukai Pangkalan Bun juga mengingatkan kepada pedagang untuk tidak menjual rokok ilegal dengan ciri-ciri diatas, apabila kedapatan ada pedagang yang menjual rokok ilegal maka dapat dikenakan sanksi pidana serta menghimbau apabila ada pedagang menemukan rokok dengan ciri-ciri rokok ilegal untuk segera melaporkan ke Bea Cukai Pangkalan Bun. Tak hanya itu Bea Cukai Pangkalan Bun juga menyediakan layanan informasi apabila pedagang ragu mengenai rokok yang dijualnya, pedagang dapat menghubungi langsung ke nomor layanan informasi untuk menanyakan mengenai hal tersebut.

Tak akan berhenti sampai disini saja, Bea Cukai Pangkalan Bun akan terus melaksanakan sosialisasi gempur rokok ilegal ini kebeberapa kecamatan di bawah wilayah pengawasannya untuk menekan peredaran rokok ilegal nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *