Bea Cukai Pangkalan Bun Gagalkan Pengiriman Paket Rokok Ilegal di Awal Ramadhan

Bea Cukai Pangkalan Bun Gagalkan Pengiriman Paket Rokok Ilegal di Awal Ramadhan

Kotawaringin Barat (18/03) – Bea Cukai senantiasa berkomitmen memberantas peredaran rokok ilegal dari hulu hingga ke hilir. Pada Selasa (12/03) Bea Cukai Pangkalan Bun melaksanakan penindakan terhadap 1.000 batang rokok ilegal yang dikirim melalui jasa ekspedisi di Pangkalan Bun.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Muhammad Akhyar menyampaikan bahwa meskipun dalam suasana Bulan Ramadhan, Bea Cukai senantiasa melaksanakan tugas untuk mengamankan penerimaan negara. “Sebanyak 50 bungkus rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai kami amankan. Barang tersebut dikirim dari Jepara yang rencananya akan dikirim ke Kecamatan Kotawaringin Lama, Kotawaringin Barat,” jelasnya.

“Penindakan ini bermula dari adanya informasi masyarakat bahwa terdapat pengiriman paket yang diduga berisi rokok ilegal asal Jepara. Berdasarkan informasi tersebut tim penindakan kami melaksanakan pemeriksaan dan pengawasan terhadap paket tersebut dan didapati berisi rokok ilegal,” tuturnya. Akhyar menyampaikan bahwa dari penindakan tersebut diperkirakan nilai barang sebesar Rp 1.380.000,- dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 946.180 ,-.

Pemberantasan rokok ilegal akan terus dilakukan sebagai upaya Bea Cukai dalam mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif. Bea Cukai juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah ikut serta aktif dalam upaya pemberantasan rokok ilegal. Penindakan terhadap rokok ilegal merupakan salah satu bentuk nyata semangat masyarakat dalam mendukung pemberantasan peredaran rokok ilegal. “Kami juga mengimbau para pelaku usaha di bidang cukai untuk mentaati ketentuan peraturan perundang-undangan, salah satunya dengan memiliki nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC),” pungkas Akhyar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *