Customs Goes To School, Bea Cukai Pangkalan Bun Kembali Gelar Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai

Customs Goes To School, Bea Cukai Pangkalan Bun Kembali Gelar Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai

(21 s/d 23 Juni 2022) Bea Cukai Pangkalan Bun kembali menyelenggarakan Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai tingkat SMA/SMK/MA se-Kotawaringin Barat. Tahun 2022 ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotawaringin Barat dan Universitas Antakusuma yang merupakan agenda tahunan rutin.


Lomba Cepat Tepat tahun ini mendapat antusias yang lebih dari sekolah-sekolah di Kota waringin Barat, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah peserta yang ikut bergabung dalam perlombaan ini. Total pendaftar sebanyak 29 Tim dari 17 Sekolah, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 19 tim dari 13 Sekolah SMA/SMK/MA Se-Kotawaringin Barat.

(23/06/2022) Pada hari ini, bertempat di Aula Universitas Antakusuma, telah berlangsung Babak Semifinal dan Final Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai yang diikuti oleh 7 Tim yang menduduki peringkat teratas dari babak penyisihan pada tanggal 21 Juni 2022. Peserta secara kompetitif mengikuti perlombaan untuk memperebutkan piala bergilir tahunan Customs Goes To School Trophy, Juara I, II, III, Top 4, Top 5,Top 6, Top 7 dan Most Valuable Person (MVP) sekaligus Duta Bea Cukai Pangkalan Bun Tahun 2022. Semifinal-final ini berjalan semakin kompetitif dan ramai karena peserta dapat dukungan dari guru pendamping serta supporter masing-masing sekolah yang hadir secara langsung untuk memberikan dukungan semangat.

“Berani mengikuti perlombaan cepat tepat sebagai perwakilan masing-masing sekolah itu sebuah nilai tambah untuk adik-adik. Kami ucapkan selamat dan semangat kepada tim yang telah masuk ke babak semifinal lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai Tahun 2022 ini. Kalian luar biasa berhasil mengalahkan 22 tim lainnnya pada Babak Penyisihan. Selamat berkompetisi kembali. Tetaplah junjung integritas dan sportifitas dalam perlombaan serta jadi kan perlombaan ini sebagai pengalaman dan ajang untuk merekatkan persaudaraan dan membangun indonesia lebih baik kedepannya “ sambutan kepala kantor, Pandhu Pratomo ketika membuka babak semifinal dan final.

“Kami mendukung penuh giat dari Bea Cukai Pangkalan Bun untuk memfasilitasi ke masyarakat agar lebih mengenal tugas dan fungsi Bea Cukai Pangkalan Bun atau generalnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sehingga harapannya dapat menanamkan rasa nasionalisme kepada para millennial mendukung perekonomian masyarakat di Kotawaringin Barat.” sambutan dari Rektor Universitas Antakusuma, Prof. Dr. Ir. Jeffrie Wattimena MP.



Selain perlombaan Cepat Tepat, acara juga diisi dengan kegiatan sosialisasi identifikasi pita cukai hasil tembakau yang disampaikan oleh Heru Nugroho selaku Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan. Audiens diajak mengenal bentuk pita dan cara mengidentifikasi pita cukai secara langsung yang menambah antusiasme audiens. Sosialisasi ini diharapkan audiens dapat mengenali ciri-ciri rokok illegal dan meningkatkan kesadaran untuk ikut serta memerangi peredaran rokok illegal.


Pada Babak Final 3 (tiga) Tim yang berhasil lolos yaitu SMANDAFAST (SMA N 2 Pangkalan Bun), SMKN 1 PBUN 1 (SMK N 1 Pangkalan Bun), REPKUNSA SKANSA (SMK N 1 Pangkalan Bun) yang disuguhi Babak Individu, Babak Strategi Tim Pilih Amplop dan Rebutan yang menambah keseruan Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai. Dengan metode poin yang progresif (bertambah) tiap soalnya dan poin plus minus mengasah kecepatan berpikir dan ketepatan strategi dari masing-masing tim.

Diakhir acara diumumkan pemenang Customs Goes To School Trophy yang jatuh kepada Tim SMANDAFAST (SMAN 2 Pangkalan Bun) sekaligus menjadi pemenang Juara I, pemenang Juara II diraih oleh Tim SMKN 1 PBUN 1 (SMK N 1 Pangkalan Bun), pemenang Juara III diraih oleh Tim REPKUNSA SKANSA (SMK N 1 Pangkalan Bun). Sementara Top 4 diraih oleh Tim KORSA SMANDAKUM (SMAN 2 Kumai), Top 5 diraih oleh Tim B SMANSA P.BUN (SMA N 1 Pangkalan Bun), Top 6 diraih oleh Tim BIM 1 (SMKS Bhakti Indonesia Medika), Top 7 diraih oleh Tim SMANTRI 2 (SMA N 3 Pangkalan Bun) serta untuk Most Valuable Person (MVP) sekaligus Duta Bea Cukai Pangkalan Bun Tahun 2022 yaitu Rizky Tri Adila Erwinata.


MC juga menyampaikan pemenang supporter terbaik yang diberikan kepada pendukung TIM yang dinilai paling heboh. Supporter terbaik tahun ini adalah supporter SMK N 1 Pangkalan Bun.

Millenial Pimpin Pemulihan, Kobarkan Merdeka Belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *