Bea Cukai Pangkalan Bun Selenggarakan Sosialisasi Peluang Ekspor ke Seluruh UMKM Se-Kotawaingin Barat

Bea Cukai Pangkalan Bun Selenggarakan Sosialisasi Peluang Ekspor ke Seluruh UMKM Se-Kotawaingin Barat

Dalam menjalankan peran sebagai fasilitator perdagangan dan asisten industri, Bea Cukai Pangkalan Bun menyelenggarakan sosialisasi tentang peluang ekspor kepada UMKM se-Kotawaringin Barat untuk terus mendorong dan memberikan berbagai kemudahan dan fasilitas kepabeanan. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, Pandhu Pratomo S. dan Kepala Seksi Bina Usaha Perdagangan dan Pemasaran Disperindgkop dan UKM Kotawaringin Barat, Muhammad  Agusta Wijaya.    

“Bapak-Ibu harus berupaya menjual usahanya dengan strategi promosi yang baik, salah satunya mencari peluang produk dan memasarkan produk menggunakan promosi sosial media. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini memang usaha kecil, tapi jangan sesekali memiliki mental kecil untuk berproses mengembangkan usaha”, sambutan dari Muhammad  Agusta Wijaya.           

Bertempat di Aula Satya Ananta, Bea Cukai Pangkalan Bun melakukan sosialisasi dengan menggandeng berbagai pihak, baik pemerintah daerah, perbankan, dan instansi pemerintah lainnya guna mengoptimalkan pemberian kemudahan dan fasilitas bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bea Cukai Pangkalan Bun bersinergi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kab. Kotawaringin Barat, KPKNL Pangkalan Bun dan Bank BNI KC Kumai.

Kegiatan ini terdiri dari 3 (tiga) topik pembahasan. Bea Cukai Pangkalan Bun memberikan materi terkait mudahnya untuk melakukan ekspor dan alur ekspor melalui barang kiriman, yang disampaikan oleh M. Riki Darmawan, Pemeriksa Bea dan Cukai. KPKNL Pangkalan Bun memberikan materi terkait lelang sukarela produk UMKM yang akan diadakan sepanjang tahun 2022, yang disampaikan oleh Binta Ulfatul Fitriyah, pelaksana pemeriksa. Bank BNI Pangkalan Bun memberikan materi terkait pendanaan untuk kebutuh modal UMKM, yang disampaikan oleh Novrizal Patria Bimantara, Kepala Cabang Bank BNI Kumai Pangkalan Bun.

Kegiatan di akhiri dengan sesi diskusi dan testimoni dari UMKM Kotawaringin Barat yang telah melakukan ekspor melalui barang kiriman dil lingkungan Bea Cukai Pangkalan Bun, yakni Sangbo Keripik Tempe dan Kopi KBA Liberika. Antusias peserta sosialisasi terlihat saat sesi diskusi dan tanya jawab. Peserta terlibat dalam diskusi interaktif pada sosialisasi ini.

Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, para penggiat UMKM di Kotawaringin Barat dan sekitarnya lebih terbuka wawasannya untuk memulai membuka peluang ekspor produk-produk UMKM ke berbagai negara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *