Coffe Morning di Era Tatanan Normal Baru?

Coffe Morning di Era Tatanan Normal Baru?

 

Kamis/16 Juli 2020 Bea Cukai Pangkalan Bun mengadakan Coffe Morning dengan Pengguna Jasa yang bertemakan  Bea Cukai Pangkalan Bun Going to the New Normal. Acara ini merupakan acara lanjutan dimana telah dibuka dengan apel khusus yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan KPPBC TMP C Pangkalan Bun pada hari selalu lalu. Acara kali ini sedikit berbeda,karena dilaksanakan secara online (virtual meeting)  yang diikuti oleh seluruh pejabat di lingkungan Bea Cukai Pangkalan Bun yang terdiri dari Kepala Kantor, Para Pejabat Eselon IV dan Eselon V serta 19 perusahaan yang terdiri dari Importir, Eksportir, Agen Pelayaran dan PPJK.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Pandhu Pratomo Surtianto selaku Kepala KPPBC TMP C Pangkalan Bun, pada acara kali ini Pandhu menjelaskan going to the new normal yang dilakukan bea cukai pangkalan bun merupakan langkah awal dalam menghadapi masa transisi ke new normal serta merupakan langkah adaptasi kebiasaan baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Apa itu Bea cukai pangkalan bun going to the new normal? yaitu Bea cukai pangkalan bun siap melayani dan beraktifitas kembali seperti semula namun tetap memperhatikan protokol-protokol kesehatan yang ada” , kata Pandhu.

Tak hanya membahas mengenai persiapan Bea Cukai Pangkalan Bun dalam adapatasi kebiasaan baru, pada acara kali ini dilakukan launching tagline Bea Cukai Pangkalan yaitu BERKOBAR yang memiliki akronim BERiman, KOmpeten, Berintegritas, Amanah dan Responsif. Dengan adanya tagline ini diharapkan seluruh pegawai dapat menerapkan nilai-nilai tersebut. Tak berhenti sampai disitu acara kali ini dilanjutkan dengan pemaparan program kegiatan Customs Close to You yang dibawakan oleh Yuli Wijayanto selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan serta Munawar selaku Kepala Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi.

Yuli mengatakan program ini merupakan tindaklanjut atas banyaknya  perubahan yang terjadi selama ini mulai dari pekerjaan yang biasanya di lakukan kantor secara tatap muka dan datang langsung menjadi via online dan pemberlakuan  work from home (wfh) untuk meminimalkan orang berkumpul pada suatu ruang, persuratan di kantor Bea Cukai Pangkalan Bun sendiri yang semula menggunakan hardcopy telah beralih ke media elektronik (Nadine) dengan menggunakan tanda tangan elektronik (Digital Signature) serta pelayanan eksternal yang dilakukan Bea Cukai Pangkalan Bun menjadi beralih ke media online melalui email dan aplikasi SIMANTAP dan tetap melakukan pelayanan bila ada pengguna jasa yang datang langsung ke kantor dengan memperhatikan protokol kesehatan. “New normal merupakan adaptasi kebiasaan baru, Bea Cukai Pangkalan Bun harus menyesuaikan dengan kebiasaan baru pada masa transisi ini dalam melakukan pekerjaan baik di area kantor, maupun di lapangan ketika melakukan pengawasan. Seluruh pegawai diwajibkan untuk memperhatikan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak (social distancing)”, kata Yuli

Untuk program customs close to you sendiri, Yuli menjelaskan bahwa kegiatan  ini  bertujuan untuk menjalin kedekatan, menciptakan hubungan yang baik antara Pengguna Jasa dengan Bea Cukai terkait pelayanan dan pengawasan di bidang Kepabeanan dan Cukai. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Skill improvement festival yang bertujuan untuk  menambah pengetahuan dan skill pegawai sebagai bekal untuk memberikan pelayanan yang optimal, mulai dari pembekalan yang bersifat teknis sampai dengan non teknis. Olah raga bersama dengan pengguna jasa untuk meningkat hubungan antara Bea Cukai dengan Pengguna Jasa yang terdiri dari olah raga bulu tangkis, tenis meja, catur, domino dan fun bike. Beberapa agenda kegiatan rutin seperti customs visit customer yang bertujuan menciptakan hubungan yang baik antar Pengguna Jasa dengan Bea Cukai terkait pelayanan dan pengawasan di bidang Kepabeanan dan Cukai dan acara puncak untuk yaitu BC Pangbun Awards yang rencananya akan dilaksanakan bulan September mendatang.

Ucapan terimakasih tak lupa disampaikan Pandhu pada kesempatan kali ini. “kami ucapkan terimakasih kepada bapak/ibu yang hadir dalam acara virtual meeting coffe morning pada pagi hari ini serta dukungan bapak/ibu dalam melakukan pengisian survey dalam rangka penilaian ZI-WBK/WBBM tingkat Kementerian Keuangan sehingga kami dapat maju ke tingkat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB), Semoga dengan adanya coffe morning kali ini hubungan antara Bea Cukai dan Pengguna Jasa dapat terjalin dengan baik dan kami akan terus melakukan peningkatan pelayanan dan pengawasan untuk mewujudkan Bea Cukai yang Makin Baik” Kata Pandhu mengakhiri acara pagi pagi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *