Dorong UMKM Naik Kelas, Bea Cukai Asistensi UMKM Kobar untuk Ekspor

Dorong UMKM Naik Kelas, Bea Cukai Asistensi UMKM Kobar untuk Ekspor

Kotawaringin Barat (11/12) – Bea Cukai melalui program klinik ekspor secara aktif melaksanakan asistensi dan bimbingan teknis kepada industri dalam negeri guna peningkatan daya saing di pasar global. Pada Senin, 11 Desember 2023 Bea Cukai Pangkalan Bun memberikan asistensi kepada 15 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kotawaringin Barat di Hotel Arsela Pangkalan Bun.

Kegiatan asistensi UMKM ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kotawaringin Barat. Kepala Dinas Perindagkop UKM yang diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan Muhammad Suhendra menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya pemberdayaan UMKM untuk meningkatkan daya saing. “UMKM diharapkan dapat berperan secara signifikan dalam penguatan struktur ekonomi daerah maupun nasional. Tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, UMKM juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan global,” tuturnya.

Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama Muhammad Riki Darmawan menyampaikan bahwa Ekspor itu mudah. “Bagi UMKM yang ingin melakukan ekspor dengan skala kecil, bisa dilakukan dengan mekanisme barang kiriman melalui perusahaan jasa titipan seperti PT Pos Indonesia. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 96/2023, UMKM dapat melakukan ekspor dengan dokumen CN (Consignment Note) sebagai dokumen pemberitahuan pabean atas ekspor barang dengan volume hingga 30 kg,” jelasnya.

“Dokumen CN tersebut berisi perjanjian pengiriman barang antara pengirim barang dan penyelenggara pos untuk mengirimkan barang kiriman kepada penerima barang,” lanjutnya. Riki juga menyampaikan bahwa untuk melakukan ekspor dalam skala besar, eksportir harus menyampaikan dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) beserta dokumen pelengkap pabean lainnya secara online melalui CEISA 4.0.

Riki menambahkan bahwa Bea Cukai siap 24/7 untuk melayani ekspor tanpa dipungut biaya. “Bagi para pelaku UMKM yang akan melakukan ekspor, bisa langsung datang ke Kantor Bea Cukai dan kami siap memberikan asistensi sampai barang Bapak/Ibu bisa ekspor,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *