Gandeng BPBD Kotawaringin Barat, Bea Cukai Pangkalan Bun Latihan Tanggap Darurat Gempa Bumi

Gandeng BPBD Kotawaringin Barat, Bea Cukai Pangkalan Bun Latihan Tanggap Darurat Gempa Bumi

Kotawaringin Barat (29/11) – Bea Cukai Pangkalan Bun melaksanakan kegiatan sosialisasi dan simulasi tanggap darurat bencana gempa bumi pada Rabu, 29 November 2023 di Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak oleh satuan kerja di lingkungan Kementerian Keuangan seluruh Indonesia.

Mengutip dari sambutan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun Shinta Dewi Arini menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna melatih kesiapsiagaan pegawai Kementerian Keuangan sebagai pelayan publik dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana gempa bumi. “Kesiapsiagaan bencana adalah hal yang sangat penting dalam menunjang tugas dan fungsi pelayanan publik Kementerian Keuangan agar tetap berjalan,” tuturnya. Kegiatan ini juga didampingi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kotawaringin Barat Pahrul Laji menyampaikan bahwa sebenarnya risiko terjadinya bencana gempa bumi di Kotawaringin Barat sangat kecil. “Meskipun sangat kecil, namun kita harus tetap waspada karena bisa saja patahan lempeng bumi akibat terjadinya gempa di tempat lain bisa bergeser. Sehingga penting bagi kita untuk memahami apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi bencana gempa bumi khususnya untuk penyelamatan diri sendiri,” jelasnya.

Simulasi tanggap darurat bencana gempa bumi dilakukan dengan membunyikan sirine sebagai tanda terjadinya gempa bumi. Kemudian seluruh pegawai dihimbau untuk menjauh dari kaca dan berlindung dibawah benda yang keras seperti meja, kursi dan lain sebagainya. Setelah keadaan dirasa aman, sirine kedua dibunyikan sebagai petunjuk untuk segera menuju ke titik kumpul melalui jalur evakuasi dan tangga darurat untuk selanjutnya diperiksa kelengkapan jumlah personil.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun dapat lebih siap siaga dan tanggap dalam menghadapi situasi dan kondisi darurat seperti bencana gempa bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *