Going to the New Normal, Apa Langkah Bea Cukai Pangkalan Bun?

Going to the New Normal, Apa Langkah Bea Cukai Pangkalan Bun?

Selasa 14 Juli 2020 bertempat di Halaman KPPBC Tipe Madya Pabean C Pangkalan Bun dilaksanakan kegiatan apel pagi pertama kalinya setelah diberlakukan penerapan social distancing dan kebijakan Work From Home (WFH) akibat merebaknya pandemi COVID-19.Acara ini diikuti oleh para pejabat Eselon IV dan Eselon V serta para pegawai pelaksana di lingkungan KPPBC TMP C Pangkalan Bun.
Apel diambil langsung oleh Pandhu Pratomo Surtianto selaku Kepala KPPBC TMP C Pangkalan Bun. Apel kali ini dilakukan atas arahan pemerintah mengenai sistem kerja pada masa transisi dalam tatanan normal baru sehingga perlunya adaptasi kebiasaan baru. Menindaklanjuti arahan tersebut maka Bea Cukai Pangkalan Bun melakukan apel khusus sebagai pembuka kegiatan Going to the New Normal di lingkungan KPPBC TMP C Pangkalan Bun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan jaga jarak (social distancing).

Pandhu menjelaskan penerapan social distancing dan WFH ini membuat perubahan seperti penerapan teknologi untuk menunjang pekerjaan mulai dari pembuatan tata naskah dinas yang semula berbentuk hardcopy menjadi menggunakan aplikasi berbasis online (office DJBC dan Nadine) serta pemanfaatan aplikasi internal (SI MANTAP) untuk pengajuan izin timbun, bongkar, dan izin muat. Kegiatan tatap muka yang digantikan dengan media teleconference serta penggunaan penerapan protokol pencegahan COVID-19 dengan menggunakan masker, sarung tangan, baju safety dalam melakukan pemeriksaan dan pengawasan di lapangan.

Tak hanya itu pandhu juga menjelaskan berbagai perubahan tatanan hidup di lingkungan kerja harus disikapi dengan sebaik mungkin. Dengan hadirnya COVID-19 ini, memaksa untuk lebih fleksibel dan menyesuaikan diri pada perkembangan teknologi, untuk itu Bea Cukai Pangkalan Bun telah menyusun serangkain program seperti Skill Improvement Festival (Skiprov) yang merupakan kegiatan untuk menambah pengetahuan dan skill pegawai berbasis teknologi, Customs Close To You (CCTY) yang merupakan program untuk meningkatkan pelayanan dan hubungan antara Bea Cukai Pangkalan Bun dengan pengguna jasa yang terdiri dari Intimasi dengan pengguna jasa berupa olahraga bersama, Skill Improvement Festival (Skiprov) serta Customs Visit Customer (CVC) serta acara puncak yaitu BC Pangbun Awards.
“Maka saya sangat mengharapkan, seluruh pegawai dapat mengikuti dan mendukung program ini dengan semaksimal mungkin dan bekerjasama secara proaktif untuk menyukseskan program ini”, kata pandhu.

Tak hanya membahas tentang langkah-langkah menghadapi era tatanan normal baru, Bea Cukai Pangkalan Bun juga memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pegawai atas kontribusi berupa karya, kreativitas dan prestasi yaitu pemberiaan penghargaan atas pencipta theme song “Relakan Diri Untuk Negeri”, finalis olimpiade parade sosialisasi tingkat nasional DJBC , pemenang sayembara tagline Bea Cukai Pangkalan Bun serta pegawai terbaik periode semester I Tahun 2020.

“Pada kesempatan ini saya juga ingin mengingatkan kepada seluruh pegawai untuk tetap menjaga kesehatan di masa-masa transisi menuju new normal. Di masa-masa ini saya harapkan kita dapat bekerja dengan cerdas, terus meningkatkan kualitas kerja, dan siap menghadapi tantangan-tantangan yang ada di depan. Dengan kembali dilaksanakannya apel hari ini, saya harapkan kita telah siap untuk menyesuaikan diri dengan tatanan kehidupan yang baru”. Kata Pandhu menutup amanat apel tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *