Hari Kerja Pertama Idul Fitri, BC Pangkalan Bun Lakukan Kegiatan Boatzoeking

Hari Kerja Pertama Idul Fitri, BC Pangkalan Bun Lakukan Kegiatan Boatzoeking

Di hari kerja pertama setelah idul fitri, Bea Cukai Pangkalan Bun melakukan kegiatan Boatzoeking (Pemeriksaan Kapal) terhadap kapal berbendera Malaysia, TB Manyplus 6 / BG Manyplus2 di perairan Kumai, Pangkalan Bun (26/5/2020).

Dalam kegiatan boatzoeking ini, Bea Cukai Pangkalan Bun melakukan pemeriksaan pada seluruh bagian kapal dimulai dari haluan kapal. Kamar para awak kapal, ruang mesin, dan ruang penyimpanan kapal.

Boatzoeking sendiri berasal dari Bahasa belanda yang berarti pemeriksaan kapal, dapat pula diartikan pemeriksaan terhadap kapal yang mengangkut barang dan atau penumpang yang berasal dari luar kawasan pabean. Kegiatan boatzoeking yang dilakukan petugas Bea Cukai Pangkalan Bun merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan menghindari terjadinya penyelundupan atas barang-barang terlarang yang kerap terjadi terjadi melalui sarana pengangkut laut.

Harapannya dengan adanya boatzoeking yang telah dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) ini , modus-modus penyelundupan dan kegiatan lain yang bertentangan dengan peraturan yang ada dapat dicegah sedini mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *