Latihan Patroli Bersama, Antara Bea Cukai Pangkalan Bun dengan Polres Kotawaringin Barat Perkuat Komitmen Koordinasi dan Sinergi Pengawasan

Latihan Patroli Bersama, Antara Bea Cukai Pangkalan Bun dengan Polres Kotawaringin Barat Perkuat Komitmen Koordinasi dan Sinergi Pengawasan

Selasa (17/11) bertempat di halaman KPPBC TMP C Pangkalan Bun dilaksanakan apel gabungan bersama antara Bea Cukai Pangkalan Bun dengan Polres Kotawaringin Barat sebagai tanda dimulainya latihan patroli bersama. Latihan patroli bersama tersebut antara satuan tugas Patroli Laut Bea Cukai Pangkalan Bun dengan Satpolair Polres Kotawaringin Barat.

Apel ini diambil langsung oleh Pandhu Pratomo Surtianto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun bersama AKBP Devi Firmansyah selaku Kapolres Kotawaringin Barat. Pandhu mengatakan bahwa kegiatan apel ini merupakan latihan bersama perdana antara Bea Cukai Pangkalan Bun dengan Polres Kotawaringin Barat dan diharapkan setelah dilakukannya kegiatan  ini maka dapat dilanjutkan dengan kegiatan patroli bersama secara berkala, “Kegiatan hari ini, merupakan latihan bersama perdana antara BC Pangkalan Bun dan Polres Kotawaringin Barat. Saya berharap, setelah kegiatan latihan ini bisa dilanjutkan dengan kegiatan patroli bersama yang dilakukan secara berkala, dan bisa dilakukan pertukaran data dan informasi (sharing information) yang pada akhrinya dapat menghasilakn targeting dan melakukan penindakan bersama, sehingga pengawasan dan penegakan hukum laut/perairan bisa lebih optimal, efektif dan efisien. “.pungkasnya.

Polres Kotawaringin Barat beserta jajarannya siap memberikan bantuan dalam mendukung proses pengawasan kepabeanan dan cukai, ” Jajaran Kepolisian Polres Kotawaringin Barat tentu saja siap dalam memberikan bantuan penindakan terhadap pelanggaran kepabeanan dan cukai yang ditemukan dan akan dilakukan secara tegas tanpa tebang pilih. Penertiban barang ilegal dan selundupan oleh Bea Cukai penting untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik.Iklim ekspor dan impor juga akan membaik, sehingga bisa memacu pertumbuhan ekonomi di Kotawaringin Barat ini. Jajaran Kepolisian Polres Kobar Satpolair pada khususnya siap mendukung proses pengawasan terhadap kegiatan ekspor CPO melalui kegiatan patroli”. Kata AKBP Devi dalam amanatnya.

Latihan patroli bersama ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama yang ditandatangani tanggal 24 Agustus 2020 antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI dengan Kepolisian RI Nomor KEP-193/BC/2020 dan Nomor : PKS/47/VIII/2020 tentang peningkatan Sinergi Tugas Operasional dan Sumber Daya Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi. Dalam perjanjian kerja sama tersebut terdapat satu poin yang berisi latihan patroli bersama Korpolairud dengan Bea Cukai dan bantuan pengerahan sarana patroli dan/atau personel dalam keadaan mendesak.

Pada latihan patroli bersama kali ini dilaksanakan simulasi teknik mendekati / approaching terhadap kapal target. Diharapkan dari kegiatan bersama ini dapat meningkatkan sinergi, komitmen dan koordinasi di antara jajaran Bea Cukai Pangkalan Bun dengan jajaran Polres Kotawaringin Barat sebagai bentuk tanggung jawab bersama untuk melaksanakan tugas dan fungsi.

Selain itu diharapkan dengan adanya pelatihan ini kedepannya Sinergi dan Koordinasi dapat terus terjalin untuk bersama-sama melaksanakan pengawasan dan tindakan penegakan hukum terhadap penyelundupan dan peredaran barang illegal, pelanggaran di bidang Kepabeanan dan Cukai, serta secara bersama-sama melindungi masyarakat dan pelaku usaha dari peredaran barang-barang illegal yang dapat merugikan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *