Pengawasan di tengah Pandemi? Siapa Takut !

Pengawasan di tengah Pandemi? Siapa Takut !

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih menghantui dunia, tidak menghentikan kegiatan pengawasan terhadap lalu lintas barang yang masuk maupun keluar dari Indonesia. Kamis (16/04/2020) Bea Cukai Pangkalan Bun melaksanakan pengawasan terhadap kegiatan pemuatan barang ekspor PT. Korindo Ariabima Sari yang dilakukan secara Ship to Ship melalui kapal tongkang ke Kapal MV Apolo Asahi dari Gudang Korindo.

Kegiatan pengawasan sendiri merupakan kegiatan untuk menjaga agar semua peraturan Kepabeanan dan Cukai dapat dipenuhi atau dijalankan. Selain penelitian terhadap dokumen pemberitahuan impor dan ekspor, kegiatan pengawasan yang dilakukan berupa pemeriksaan terhadap barang yang akan diimpor maupun diekspor untuk meneliti apakah jumlah dan jenis barang sesuai dengan yang tertera dalam dokumen pemberitahuan sehingga risiko penyelundupan yang dapat menyebabkan kerugian negara dapat dicegah.

Meskipun virus COVID-19 masih belum “angkat kaki” dari negara ini, tak menyurutkan semangat Bea Cukai sebagai garda depan untuk tetap menjaga menjaga lalu lintas barang serta menjalankan fungsi organisasi dalam mendukung kegiatan industri agar roda perdagangan dan perekonomian tetap berputar di tengah pandemi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *