Perdana Customs Goes To Campus, Bea Cukai Pangkalan Bun Kenalkan APBN ke Universitas Antakusuma

Perdana Customs Goes To Campus, Bea Cukai Pangkalan Bun Kenalkan APBN ke Universitas Antakusuma

Pangkalan Bun (24-02-2022) Kesempatan Perdana Customs Goes To Campus (CGTC), Bea Cukai Pangkalan Bun hadir memperkenalkan APBN ke Universitas Antakusuma. Bertempat di Aula  Universitas Antakusuma, jumlah peserta yang hadir berpartisipasi pada CGTC kali ini lebih dari 200 mahasiswa dan dihadiri oleh Rektor Universitas Antakusuma dan seluruh jajaran civitas akademika. Tidak hanya itu, Bea Cukai Pangkalan Bun juga menggandeng seluruh  instansi vertikal kementerian keuangan di lingkungan Kotawaringin Barat untuk turut  berpartisipasi menyukseskan kegiatan sebagai wujud sinergi bersama Kemenkeu-One. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka  dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Setelah seluruh peserta melakukan registrasi, kegiatan  diawali dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Universitas Antakusuma dan Bea Cukai Pangkalan Bun sebagai bentuk komitmen untuk bersinergi membangun daerah melalui peran serta masing-masing. Penandatanganan dilakukan oleh Prof.  Dr. Ir. Jeffrie Wattimena MP, Rektor Universitas Antakusuma yang diwakili oleh Ilham Koentarto SE, Akt, CA selaku Kepala Biro Kerjasama dan Informasi dan  Pandhu Pratomo, Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun.

“Penandatangani ini sebagai awal Kerjasama Bea Cukai Pangkalan Bun dan Universitas Antakusma secara akademis  terkait ekspor maupun impor, dan sebagai bentuk  penggalian potensi dan asistensi di bidang ekspor impor di wilayah kotawaringin barat.” Pandhu Pratomo dalam sambutannya.

Pada kesempatan kali ini, Bea Cukai Pangkalan Bun menghadirkan 4 (empat) narasumber yang luar biasa, antara lain Rudi Imawan Hadi Nugroho selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, Riyanto Surtiaso selaku Kepala Seksi Pengawasan V (lima) KPP Pratama Pangkalan Bun dan Binta Ulfatul Fikriyah Pelaksana Pemeriksa pada KPKNL Pangkalan Bun yang membahas materi tentang APBN dan Pemulihan Ekonomi Nasional untuk negeri dan Lukas Basudewo yang memaparkan materi terkait Peran Bea Cukai dalam Pelaksanaan APBN.

Tema  dalam kegiatan CGTC APBN Week ini yaitu “Kenal, Paham dan Jaga APBN Negeri”, yang memiliki makna bahwa setiap lapisan masyarakat khususnya para generasi muda harus mampu mengenali peran APBN, mampu menjaga jalannya pengelolaan APBN dan paham akan fungsi APBN sebagai instrumen penting dalam perekonomian Indonesia. Diharapkan bahwa mahasiswa sebagai generasi millenial dapat menyebarkan informasi yang tepat terkait APBN kepada lingkungan sekitarnya.

“Saya berharap seluruh mahasiswa dapat memperhatikan dengan baik materi yang disampaikan pada CGTC kali ini dan bisa memberikan nilai tambah pendidikan dan pengetahuan untuk kalian semua dan setelah mendengarkan sosialisasi ini, seluruh mahasiswa bisa menjadi agen yang dapat menyampaikan informasi ke masyarakat di lingkungan sekitar yang kontribusinya untuk APBN yang nantinya untuk pembangungan bangsa dan negara.” Sambutan hangat dari Prof.  Dr. Ir. Jeffrie Wattimena MP yang mengikuti kegiatan secara virtual.

Setelah pemberian materi terkait APBN, para peserta dengan sangat antusias mengikuti mini games kahoot yang menguji pemahaman terkait materi yang telah dipaparkan.

Customs Goes To Campus APBN Week! Kenal, Paham, Jaga APBN Negeri!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *