Perdana ! Kampanyekan Gerakan Bijak Berplastik Dalam Acara Bea Cukai Go Green

Perdana ! Kampanyekan Gerakan Bijak Berplastik Dalam Acara Bea Cukai Go Green

Pangkalan Bun, 20 Oktober 2019 – bertempat di Taman Kota Bundaran Pancasila Pangkalan Bun, diselenggerakan acara Bea Cukai Go Green dengan Tema “Bijak Berplastik, Bumi Kita Makin Baik” oleh Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun .
Nurtanti Widyasari, Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun pada sambutannya menjelaskan latar belakang acara ini. “Acara ini dilatarbelakangi fakta bahwa Indonesia merupakan negara ke dua setelah China di dunia yang menyumbang sampah plastik terbesar di lautan. Untuk itu Bea Cukai yang salah satu fungsi pokoknya adalah Community Protector/Pelindung Masyarakat merasa perlu untuk mengedukasi masyarakat akan dampak negatif dari sampah plastik serta bersama-sama mencari solusi untuk menanggulangi hal tersebut” ungkap Nurtanti.
Kegiatan yang diisi oleh serangkaian acara yang menarik ini diikuti secara antusias oleh Masyarakat Kota Pangkalan Bun sejak awal mulai acara. Dalam pembukaan acara, Bea Cukai Pangkalan Bun mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan olahraga pagi melalui sesi acara Zumba Party bersama Bea Cukai.

Acara selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu hiburan dari grup musik asli Pangkalan Bun, RKS Project yang sukses menambah kemeriahan acara. Sesi talkshow dan kampanye yang diisi oleh Nurtanti Widyasari, Perwakilan dari RKS Project, serta Miss Earth Kalimantan Tengah tahun 2019 (Ajeng Dwi Andra) sukses membius hadirin untuk mendengarkan informasi-informasi penting dan terhangat yang patut diperbincangkan.

Adapun informasi yang disampaikan berupa cara sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti menggunakan tumbler untuk mengisi ulang air minum dan juga dengan kantung kain / totebag yang dapat digunakan berulang-ulang untuk berbelanja sebagai pengganti kebiasaan menggunakan botol plastik maupun kantung plastik sekali pakai. Selain itu isu hangat pengenaan cukai pada kantung plastik juga dibahas dan mendapat sambutan hangat dari pendengar mengingat sifat dan karakteristik plastik sesuai dengan syarat barang yang dikenakan cukai.

Aksi nyata juga dilakukan Bea Cukai Pangkalan Bun dengan membagikan 1000 totebag dan 100 tumbler kepada masyarakat yang ditukarkan dengan kantung plastik dan atau 5 botol plastik bekas.

Tak hanya sendiri, Bea Cukai juga menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat, Organisasi Bank Sampah, Komunitas Lokal Penggiat Lingkungan yaitu Aba Ambo Kabupaten Kotawaringin Barat (Duta Wisata) dan Miss Earth Kalimantan Tengah 2019, Instansi Kementerian Keuangan di Pangkalan Bun, Media Informasi Pangkalan Bun, serta masyarakat umum yang mengikuti kegiatan car free day.
Acara ditutup dengan pemberian sampah botol dan kantung plastik yang telah dikumpulkan sejak pagi, yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua Panitia Yuli Wijayanto kepada perwakilan Bank Sampah bapak Syamsul untuk kemudian sampah tersebut akan dikelola lebih lanjut. Di akhir acara, penghargaan juga diberikan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat oleh Nurtanti Widyasari sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama dan sinerginya dalam gerakan bijak berplastik, untuk bumi kita yang makin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *