Peringati Hari Kartini, BC Pangkalan Bun Ikuti “Talkshow  Spesial”

Peringati Hari Kartini, BC Pangkalan Bun Ikuti “Talkshow Spesial”

Tiada awan di langit yang tetap selamanya, tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan, kehidupan manusia serupa alam. Sepenggal kalimat tersebut dikutip dari buku R.A. Kartini yang terkenal dengan Habis Gelap Terbitlah Terang, tokoh nasional emansipasi wanita yang kita peringati hari lahirnya pada hari ini (21 April 2020).

Mengapa menjadi hal yang penting bagi kita untuk memperingati hari kartini? Dia hanya satu dari banyak perempuan yang ingin maju, mengapa begitu istimewa? Perjuangan R.A. Kartini mungkin tidak terlihat terlalu dahsyat apabila Beliau lahir di era ini, di masa perempuan sudah mendapatkan rekognisi. Tapi bayangkan di masa itu, dimana perempuan hanya tahu dapur dan tempat tidur serta terbelenggu dengan adat istiadat yang mengatur perempuan adalah teman dibelakang atau yang disebut dengan konco wingking. Pemikiran Beliau dalam memperjuangkan kaum wanita untuk memperoleh kebebasan, persamaan hukum, dan pendidikan menjadi hal penting yang harus kita resapi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, pada hari Selasa tanggal 21 April 2020 dalam rangka memperingati hari Kartini di lingkungan Kementerian Keuangan, Bea Cukai Pangkalan Bun mengikuti talkshow inspiratif yang bertajuk Talkshow Kartini : Empower a Woman, Empower a Nation untuk meneladani dan menularkan semangat kartini serta mengaplikasikannya dalam kehidupan di masa sekarang. Dengan narasumber para kartini Kementerian Keuangan, kegiatan ini dilakukan secara online yang dapat diakses oleh para pegawai Kementerian Keuangan.

Dalam kegiatan ini, Kementerian Keuangan meluncurkan program baru yaitu Women Leadership Coaching Program yang merupakan sebuah terobosan baru dimana pegawai wanita Kemenkeu dapat mendaftar untuk mendapatkan coaching program dalam hal pemberdayaan wanita. Terdapat 3 tema dalam coaching program ini yaitu Family Financial Plan 101 yang berisi inspirasi dan trik mengelola keuangan keluarga yang sesuai dengan tujuan finansial setiap pegawai, Social Media Guidance for Life Hack yang berisi panduan dalam bermedia sosial yang mampu meningkatkan kualitas diri dan branding professional, serta Stress & Anger Management untuk menguasai emosi diri di era 4.0 untuk mendukung kehidupan pribadi, keluarga, dan professional.

Setelah mengikuti kegiatan ini, Pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun diharapkan dapat meresapi dan menularkan semangat kartini di masa kini serta turut serta dalam program yang telah diluncurkan Kemenkeu untuk memajukan kaum wanita khususnya para Kartini di lingkungan Kementerian Keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *