Sadari Pentingnya Kesehatan Tubuh dalam Menunjang Pekerjaan, Bea Cukai Gelar Penyuluhan

Sadari Pentingnya Kesehatan Tubuh dalam Menunjang Pekerjaan, Bea Cukai Gelar Penyuluhan

Kamis, 2 Mei 2019 bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, diselenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pegawai (PPKP) tentang Hipertensi dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran pegawai akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Acara yang berbentuk penyuluhan ini mengundang dr. Duita Eka Sari sebagai pembicara dan diikuti secara antusias oleh seluruh pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun.

Hipertensi diangkat sebagai tema PPKP kali ini karena hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling umum ditemukan dalam praktik kedokteran primer yang jarang disadari oleh pegawai akan bahaya penyakit ini. Hipertensi merupakan faktor risiko serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan dapat menyebabkan komplikasi. Menurut NHLBI (National Heart, Lung, and Blood Institute) 1 dari 3 pasien di rumah sakit adalah penderita hipertensi. Faktor risiko hipertensi dipengaruhi oleh usia, ras, riwayat keluarga, overweight atau obesitas, kurang aktif bergerak, diet kurang tepat, dan alkohol.

Menurut survei yang dilakukan oleh Urusan Kepegawaian KPPBC TMP C Pangkalan Bun sejalan dengan penyusunan data terpilah terkait pegawai penyandang obesitas, sejumlah lebih dari 30% pegawai tergolong overweight atau obesitas. Artinya, lebih dari 30% pegawai berisiko hipertensi apabila tidak segera melakukan perubahan gaya hidup. Oleh karena itu, PPKP kali ini dirasa penting agar seluruh pegawai dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjalankan pola hidup sehat.

Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan memodifikasi gaya hidup. Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan menurunkan berat badan, mengadopsi pola makan DASH (Dietary Approach to Stop Hypertension), melakukan aktivitas fisik, membatasi konsumsi alkohol, dan berhenti merokok. Dokter Duita menekankan pentingnya aktivitas fisik terlebih bagi pegawai yang sering duduk bekerja di kantor. Selain itu, dokter Duita juga memberikan contoh aktivitas fisik yang tidak selalu terkait hal yang berat, namun dapat diaplikasikan dengan hal sederhana, seperti: mencuci piring, memindahkan channel TV tidak menggunakan remote, atau berangkat ke kantor menggunakan sepeda.

Dengan adanya penyuluhan tentang hipertensi ini, diharapkan seluruh pegawai dapat menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh dalam menunjang pekerjaan untuk #BeaCukaiMakinBaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *