Sinergi dengan KKP, Bea Cukai Upayakan Zero Waste

Sinergi dengan KKP, Bea Cukai Upayakan Zero Waste

Rabu, 14 Agustus 2019 bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun, terselenggara P2KP dengan tema Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

Bertindak sebagai pembicara adalah Ibu Aulia Rahmadani dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Sampit. Mengangkat tema “Belajar Zero Waste”, P2KP ini diikuti oleh seluruh pegawai Bea Cukai Pangkalan Bun dengan antusias.
Selama ini masyarakat mengenal 3R yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle, namun dalam pemaparan P2KP kali ini diperkenalkan 5R, yaitu: Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, dan Rot. 5R ini adalah prinsip pengolahan sampah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tolak penggunaan barang yang tidak menambah nilai dan tidak dapat digunakan berkali-kali. Kurangi konsumsi barang yang tidak diperlukan misalnya snack dengan kemasan plastik. Gunakan kembali barang yang dimiliki untuk memperpanjang usia penggunaannya, pegawai dituntut untuk berpikir kreatif. Selain itu, lakukan daur ulang misalnya kertas atau bank sampah. Terakhir, pegawai diajarkan untuk membuat komposter yang terdiri dari sampah organik, kresek, kardus besar, sekam, air cucian beras, dan em 4 (bio aktivator).
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat pegawai untuk bijak dalam mengelola sampah sehari-hari dan mewujudkan gaya hidup go green untuk Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *