Uji Pengetahuan, Bea Cukai Pangkalan Bun selenggarakan Cepat Tepat bagi Siswa SMA

Uji Pengetahuan, Bea Cukai Pangkalan Bun selenggarakan Cepat Tepat bagi Siswa SMA

Rabu, 17 Juli 2021 – Bea Cukai Pangkalan Bun menggelar Babak Semifinal dan Final Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Kotawaringin Barat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara ini merupakan puncak acara dari rangkaian acara Customs Goes to School (CGTS) Tahun 2021 yang telah di gelar pada 31 Mei 2021.

“Pada hari ini dilaksanakan Final Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai setelah sebelumnya telah dilaksanakan babak penyisihan pada tanggal 21 Juni 2021, dan kami berharap acara ini dapat mengenalkan institusi DJBC kepada masyarakat khususnya adik-adik SMA/SMK di Kotawaringin Barat” ucap Pandhu, Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun dalam sambutannya.

Rustam Efendi, selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotawaringin Barat menyampaikan “Kami harap adik-adik semua tetap bersemangat walaupun kalian putra daerah, namun asa untuk bisa masuk ke PKN STAN harus tetap ada dengan terlebih dahulu mengenal ilmu-ilmu Kepabeanan dan Cukai” pada sambutannya yang sekaligus membuka acara Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai Tahun 2021.

Lomba Cepat Tepat Kepabenan dan Cukai yang diikuti oleh 19 Tim dari 13 Sekolah SMA/SMK Se-Kotawaringin Barat ini, digelar dalam 2 tahap yaitu tahap I Babak Penyisihan Babak II Tahap Semifinal dan Final. Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat, acara ini berjalan dengan antusiasme peserta serta guru pendamping yang ikut hadir menyaksikan keseruan babak demi babak.

Enam tim yang berhasil lolos ke babak 6 besar yaitu SMANSA BISA (SMA N 1 Pangkalan Bun), KORSA SMAN 2 KUMAI (SMA N 2 Kumai), Tim LCC (SMAN 1 Kotawaringin Lama), BIM 1 (SMKS Bhakti Indonesia Medika), SMANSALADA JAYA (SMA N 1 Pangkalan Lada), dan SMANDA FAST (SMAN 2 Pangkalan Bun). Pada Babak Semifinal, terdapat 3 (tiga) Babak yaitu Babak Individu, Babak Tim, dan Babak Strategi Tim. Pada Babak Individu, menguji pengetahuan masing-masing peserta dimana hasil perolehan akan dijadikan dasar untuk pemilihan Most Valuable Person (MVP) sekaligus Duta Bea Cukai Pangkalan Bun. Hasil perolehan Babak Individu juga berpengaruh pada klasemen keseluruhan tim. Melalui metode Kahoot dan Google Form, membuat peserta antusias dan semangat dalam menjawab pertanyaan.

Lain halnya dengan Babak Semifinal, pada Babak Final 3 (tiga) Tim yang berhasil lolos yaitu KORSA SMA 2 KUMAI (SMAN 2 Kumai), BIM 1 (SMKS Bhakti Indonesia Medika), SMANSA BISA (SMA N 1 Pangkalan Bun) disuguhi Babak Rebutan yang menambah keseruan Lomba Cepat Tepat Kepabeanan dan Cukai. Dengan metode poin yang progresif (bertambah) tiap soalnya dan poin plus minus mengasah kecepatan berpikir dan ketepatan strategi dari masing-masing tim.

Pada akhir acara dilaksanakan penyerahan hadiah dan piala untuk tim yang berhasil mendapatkan Juara I, II, III, Top 4, Top 5,Top 6, dan  Most Valuable Person (MVP) sekaligus Duta Bea Cukai Pangkalan Bun. Juara I diraih oleh Tim KORSA SMA 2 KUMAI (SMAN 2 Kumai), Juara II diraih oleh Tim BIM 1 (SMKS Bhakti Indonesia Medika), Juara III diraih oleh Tim SMANSA BISA (SMA N 1 Pangkalan Bun). Sementara Top 4 diraih oleh Tim SMANDA FAST (SMAN 2 Pangkalan Bun), Top 5 diraih oleh Tim LCC (SMAN 1 Kotawaringin Lama), Top 6 diraih oleh Tim SMANSALADA JAYA (SMA N 1 Pangkalan Lada) serta untuk Most Valuable Person (MVP) sekaligus Duta Bea Cukai Pangkalan Bun yaitu Desta Suryaningsih (SMAN 2 Kumai). 

Harapannya dengan diadakannya Lomba Cepat Tepat Kepabenan dan Cukai dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan mengenai Kepabeanan dan Cukai serta tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di masyarakat terutama Siswa/I SMA/K/MA di Kotawaringin Barat demi Bea Cukai Makin Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *