Visi dan Misi KPPBC TMP C Pangkalan Bun

Visi

Menjadi Institusi Kepabeanan dan Cukai Terkemuka di Dunia

Misi

a. Kami memfasilitasi perdagangan dan industri;
b. Kami menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan illegal; dan
c. Kami optimalkan penerimaan negara di sektor kepabeanan dan cukai.

Nilai - Nilai Kementerian Keuangan

Dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari para pegawai dilingkungan Kementerian Keuangan dibekali dengan nila-nilai, yang mana dengan nilai-nilai itu diharapkan pegawai Kementerian Keuangan menjadi pegawai yang benar-benar menjadi ASN yang baik.
Adapun nilai-nilai tersebut adalah sebagai berikut : 
1. INTEGRITAS

Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.

2. PROFESIONALISME

Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen tinggi.

3. SINERGI

Membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan. 

4. PELAYANAN
Memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat akurat dan aman.
 
5. KESEMPURNAAN
Senantiasa melakukan perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik

Sikap Dasar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

1. Jujur

Dalam Jujur terkandung makna bahwa setiap pegawai DJBC harus melakukan tugas dengan benar, dapat dipercaya baik dalam perkataan ataupun perbuatan, sesuai dengan standar peraturan yang berlaku.

2. Loyal

Dalam Loyal terkandung makna bahwa setiap pegawai DJBC harus memberikan dukungan penuh serta memiliki komitmen yang tinggi untuk berkontribusi terhadap kemajuan organisasi/institusi dengan cara bekerja secra sungguh-sungguh demi menjaga nama baik organisasi/institusi

3. Korsa

Dalam Korsa terkandung makna bahwa setiap pegawai DJBC harus mempunyai rasa memiliki dan rasa kebersamaan diantara pegawai dalam rangka melaksanakan tugas.

4. Inisiatif

Dalam Inisiatif terkandung makna bahwa setiap pegawai DJBC harus mampu menyelesaikan permasalahan atau memberikan solusi tanpa menunggu adanya perintah demi terwujudnya pengawasan dan pelayanan yang lebih baik

5. Korektif

Dalam Korektif terkandung makna bahwa setiap pegawai DJBC harus senantiasa mau mengakui, mengingatkan serta memperbaiki kesalahan (orang lain) untuk perubahan yang lebih baik